WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Belajar Membuat Barang Kerajinan Dari Limbah Bambu


Minggu-minggu di awal tahun 2014 ini, saya selaku admin wisma kreatif belum bisa mengatur waktu sehingga untuk mengurus blog sedikit terganggu dan kegiatan BW ke blog sobat-sobat jadi terhenti. Tapi mudah-mudahan ini hanya sementara saja, sampai keadaan menjadi normal kembali.

Kali ini saya hanya ingin berbagi dan mengajak anda untuk Belajar Membuat Barang Kerajinan Dari Limbah Bambu. Banyak di sekitar tempat tinggal saya terdapat sisa potongan bambu yang sudah tidak terpakai atau bisa kita sebut saja dengan limbah.

Bagi sebagian orang, limbah bambu ini dijadikan kayu bakar sebagai alternatif pengganti gas yang harganya semakin naik.

Sebenarnya, limbah bambu ini masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah barang yang mempunyai nilai jual sehingga dapat menambah pendapatan bagi yang mau menekuninya. Misalkan dijadikan sangkar burung, dan kerajinan lainnya seperti hiasan dinding dan penghias meja. Silahkan cari di Google barang kerajinan hasil dari limbah bambu yang ternyata cukup banyak jumlahnya.

Saya pernah mencoba untuk membuat sebuah bentuk rumah-rumahan dari bahan limbah bambu. Tapi hasilnya belum memuaskan. Namanya juga coba-coba :)

Dengan dibantu anak saya, saya potong bambu kecil-kecil kemudian membelahnya dengan lebar kira-kira 2 cm dan ketebalan sekitar 1 mm. Saya menggunakan lem kayu sebagai bahan perekatnya. Kalau ingin cepat kering, saya juga menggunakan lem bening yang bisa digunakan untuk merekatkan benda apa saja.

Potong bambu yang sudah dibelah tadi menurut kebutuhan, kemudian rekatkan. Butuh ketelitian dan kesabaran untuk terciptanya sebuah barang yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi dari limbah bambu. Semoga gambar-gambar di bawah ini dapat menginspirasi anda.

Belajar Membuat Barang Kerajinan Dari Limbah Bambu

Belajar Membuat Barang Kerajinan Dari Limbah Bambu

Belajar Membuat Barang Kerajinan Dari Limbah Bambu

Belajar Membuat Barang Kerajinan Dari Limbah Bambu

Gambar di atas belum sepenuhnya selesai karena masih bisa dikreasikan lagi hingga hasilnya bagus.
Saya yakin anda bisa membuatnya lebih bagus dari yang saya buat.

Salam :)


62 komentar

Kang Ucup juara banget deh pokoknya.

di kampung banyak banget limbah bambu Kang, hampir tiap rumah punya "dapuran" (rumpun) bambu, warga hanya memanfaatkan bambu untuk bahan bangunan (usuk), pagar, kandang atau dijual per batang begitu aja, kebetulan belum ada yang memanfaatkan untuk kerajinan. cocok banget ilmu ini ditularkan ke kampung, siapa tahu ada yang memanfaatkan prospek ini untuk bisnis kerajinan...mumpung nggak jauh dari Kasongan dan Krebet (sentra kerajinan gerabah dan batik)

Dulu saya pernah membuat kerajinan seperti ini, buat rumah-rumahan dan pagarnya dari limbah bambu yang dari ice cream bambu. Jadi ingat masa-masa kecil dulu nih Kang.

Salam

Kalau saya mungkin gak telaten mas ... tapi idenya kreatif, memanfaatkan limbah bambu ..

wah keren pisan rumah rumahannya, bisa juga buat kandang jangkrik ya hehe

Kl bambu kesulitannya brgkali terletak pd memotongnya ya, kang. Saya kurang trampil pake golok....

wisma kreatif memang pengen coba tapi kalau nggak ada bakat pasti susah kang dan itu juga bisa jadi
usaha lho kalau ada yang minat beli kan lumayan
oya baru nongol kang

Wah keren kang, bisa di tiru ini kang.. Apalagi bahan utamanya hanya limbah bambu saja. Hehehe.. Kalau saya bisanya cuma buat sangkar burung saja kang. Belum pernah coba yang lain. Hehehehe

wah ternyata limbah bamu bisa juga ya kang di buat kerajinana kayak getu. Sangat menarik kang :)

jadi sebenernya banyak peluang bisa tercipta jika kita kreatif ya kang, apalagi bahan baku bambu bekas cukup banyak disekitar kita....ciamik deh ih.

meskipun limbah tapi jika dipegang orang kreatif seperti Kang Ucup ya akhirnya jadi sesuatu yang cantik dan bermanfaat.. lha klo saya, meskipun itu barang baru tapi kalau udah saya pegang ya langsung jadi agak berantakan....

Bener-bener Kreatif Kang Ucup ini pass dengan Nama Blog nya
Wisma Kreatif di simak artikelnya Yah Kang sampai habis
Salam silaturrahmi semoga, Ukhuwah antar blogging jangan
Sampai Putus. semangat 45 terus yah Kang Ucup. salam hormat :))

Di Kampung saya malahan tempatnya Bambu Kang
Wah bisa jadi perusahaan yang sukses yah jika kita
Kreatif seperti Kang Ucup ini. salam sukses sejahtera

kbetulan di tempat sy banyak bambunya...
skalian mo praktek, biar limbah bambux jd bermanfaat..

http://blog-pns.blogspot.com

wah mantab ya...sebenarnya dulu saya ingin usaha di bidang seperti ini...tpi belum bisa2...jadi usaha lain saja dulu...:D

ditempat saja juga banyak bang...tinggal methili :D

betul bang sinichi kudo...saya sepakat dengan anda :D

Ini nih kang ucup yang dibutuhin coz banyak sisa bambu hanya menjadi limbah saja.. Kalo saya pernah nyoba bikin kotak pensil dari limbah bambu kang, hasilnya cukup bagus dan yang penting menyenangkan..

Bahan yang sangat melimpah, ternyata kalo kreatif bisa juga ya di jadikan untuk lahan pendapatan :)

Keren hasilnya, sangat menarik, menggunakan limbah bambu :)

mantep kang, dulu suka buat perahu pakai bambu.. hihi

hasilnya bagus lho kang, saya paling kreatif buat layangan, agak sulitan dikit paling pistol dari bambu yang pelurunya kertas di celup pake air.. :D

heheheh

Wah, jadi pengen buat nih. Sebelumnya sudah pernah buat rumah ntar mah hotel aja deh :p

udah lama nih kang ucup nggak ada kabar nya :) sepertinya sedang sibuk di dunia offline. Ayo kang ngeblog lagi hehehe :D

Memang kreatif kyk nama blognya, hehehe
Salam damai kang ucup,
-Dek Blogger-

sangat kreatif sekali mas...

Kreatif sekali ya. Kalau ditekuni dengan sungguh-sungguh, bisa laku lho untuk dijual hehe :D

sesuatu yang terlihat sepele dan g berguna di tangan orang yang kreatif psti akan menghasilkan barang2 yang bernilai

Kebetulan di rumah saya banyak bambu mas, kebanyakan buat pagar belakang rumah sisanya langsung di basmi dengan di bakar

meskipun limbah bisa memiliki nilai bisnis yang lumayan,salut

kreatif..dan bernilai seni. Banyakin buat model mas terus ikutan pameran buat promo lumayan bisa jadi lahan bisnis

Wah, dari gambar anda. Saya jadi pengen buat nih
Tapi aku lagi sibuk

kalau buat layangan sudah tradisi, tapi kalau buat yang beginian baru pertama lihat heheh keren.

Kerajinan menggunakan limbah bambu, sangat menarik sekali :)

keren mas rumah adatnya :) itu anaknya ya mas kok lucu banget, hehehe :D

Bagus mas miniatur rumah buatan nya...sangat kreatif smpyan.

sudah lama nih kang ucup nggak ada kabar nya. Semangat kang :)

Kerajinan yg sangat cantik, dan kalau di jual, saya yakin bakal laku tuh

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan bambu, tinggal bagaimana kreatvitas dan inovasinya. Salut untuk Kang Ucup. :D

bagaimana nih kabar kang ucup :D

alhamdulillah baik mas wawan. kangen juga untuk mulai ngeblog lagi :D
terima kasih juga buat sobat-sobat semua :)

luar biasa kang, ternyata limbah bambu bisa dimanfaatkan untuk bikin barang yang berharga dan punya nilai manfaat ya. Luar biasa nih baru nongol kang ucup hehe :D

iya nih mbak...habis bertapa :)

wah.. sangat kreatif menghasilkan model rumah itu hanya dari buluh (bambu)..

bener-bener kreatif ya kang kalau limbah bambu bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi barang yang berguna dan punya nilai jual ;)

@Mbak Nisa : dijual perbatang juga ga papa mbak. kan bambu sekarang harganya mahal :)
@Mas Karris : boleh tuh mas dikirim kemari, daripada kebanyakan :hehe

masih kecil bikin rumah-rumahan, sekarang sudah pinter bikin rumah betulan ya Pak :)

saya juga bukan tipe orang yang telaten mas, kalau pas lagi semangat bikin saja kok :)

masa buat kandang jangkrik sih mas, bikinnya kan lama....

untuk motong saya pakai gergaji mas, nanti setelah didapat ukuran yang sesuai keinginan, ganti pisau atau cutter yang bekerja :)

iya nih mbak, baru bisa nongol/ kira-kira mbak Indah mau nggak membeli hasil karya saya ini :D

sangkar burung juga butuh ketelitian tingkat tinggi mas, saya juga mau kok diajari :hehe

saya juga lagi membuat model lain mbak, model rumah joglo gitu. nggak tahu nanti hasilnya bagus apa tidak :D

benar sekali Kang Hadi, apalagi sekarang banyak pembangunan perumahan. dan sudah pasti akan banyak menyisakan limbah berupa bambu dan kayu :)

biasa aja kok mas Karris,
iya mas, semoga silahturahmi antar blogger bisa terus terjaga :)

saya ndak kagum sama kang ucup tapi kagum sama anak kang ucup kecil 2 pandai sekali bikin kreasi b canda kang ,hanya dua kata yang dapat saya ungkapkan mengenai artikel di atas "ide cemerlang"'

yang bikinnya akang atau anak kecil itu..?hee
mantap pisan dari sebuah bambu biasa, ternyata bisa di buat karya yang luar biasa. semangat kang...

wah bagus banget kang, bener-bener kreatif nih dari bambu bisa menghasilkan karya yang bagus :)

Meski dari limbah, jadi sesuatu yg menarik dan memiliki nilai seni.
Patut ditiru

bambu memiliki banyak kegunaan ya mas. banyak kerajinan tangan dari bambu, di antaranya mainan untuk anak, dapat di buat menjadi kursi dan pagar. dan masih banyak lagi kegunaannya.. :)

Komentar Anda :

 
Back To Top