WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Jajanan Tradisional : Utri Singkong


Satu lagi nih Sob jajanan yang berasal dari Singkong. Pada kesempatan sebelumnya sudah saya bagikan artikel yang membahas tentang Tape Singkong dan Khasiatnya dan Cara Membuat Keripik Singkong Balado. Sekarang akan saya coba bagikan hasil olahan lain dari Singkong yaitu UTRI. Utri merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sekarang sudah agak sulit ditemui. Mengenai asal usul Utri sendiri saya tidak begitu tahu. Saya coba cari di Wikipedia juga tidak ketemu jajanan dengan kata kunci Utri. Jajanan yang bahan utamanya dari singkong ini sudah pasti membuat perut jadi cepat kenyang, karena kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam Utri yang cukup tinggi. Jadi, Utri juga bisa dijadikan makanan alternatif pengganti nasi.

Nah, sekarang langsung saja disimak Cara membuat Utri singkong-nya :)

Makanan Tradisional : Utri SingkongBahan membuat Utri singkong :
500 gram Singkong
1/4 sendok teh Garam
125 gram Gula merah
50 gram Gula pasir
1/4 butir Kelapa parut.
Buah pisang yang sudah matang secukupnya
Daun pisang

Cara membuat Utri singkong :
Haluskan Singkong dengan cara diparut.
Sisir Gula merah.
Aduk semua bahan (kecuali Kelapa parut) hingga tercampur rata.
Potong buah Pisang dengan panjang kurang lebih 10 cm.
Ambil daun pisang, pipihkan sedikit adonan di atasnya.
Ambil Pisang yang sudah dipotong tadi dan letakkan di atas adonan.
Gulung adonan sehingga pisang terbungkus adonan hingga tertutup semuanya.
Bungkus dengan Daun pisang lalu sematkan Lidi untuk mengunci ujung-ujung daun.
Kukus selama kurang lebih 30 menit.
Setelah matang, Utri siap dihidangkan bersama Kelapa parut .

Cara Membuat Utri Singkong pun Selesai :)

Oh iya, kalau di tempat anda namanya apa ya ?


62 komentar

kalo didaerah saya namanya plunter kang

Ada pisangngnya juga ya kang..kalau ditempat saya buatnya tanpa pisang..dicobain yang ini deh siapa tau menambah selera ya makan ya kang..

Wah siang ini saya belum sarapan pas mampir di Kang Ucup di sugguhin
Kue Utri singkong. Kue khas dari Kampung saya juga ini Kang Makasih

Allhamdulliha akhirnya saya dapat Pertamax
Dari Kang Ucup duhh kaya Mimpi nih hhhhh :)
Makasih Kang Ucup Salam Hormat selalu

putri ni'ong etamah mang, atawa papais :D

hhhhh. Padahal yang asli Dapat Pertamax nya mah Sobat @Albeit S
Biasa saya mah Turut meramaikan Blog dan artikel Kang ucup ok..?
Salam sukses dan sejahtera semua sobat Blogging :-d

itu namanya beda sama di daerah ku, entah lupa. tp yang pasti makanan itu biasa ada di mantenan gitu.. heheehe, tak tunggu komentar baliknya ;)

Singkong memang bisa di gunkan untuk apa saja gan :)

wah..namanya unik ya plunter :)

hehe...ntar pertamax-nya beli sendiri di spbu terdekat mas :)
iya mas Karrys, terima kasih sudah meramaikan blog saya ya :)

ada juga yang nggak pake pisang mbak, cuman menurut saya lebih enak yang ada pisangnya :)

makanan klasik..
ini kalo di cina namanya Lengko :) hohoho

di tempat mas Karrys ada utri juga ya mas, saya kira sudah punah :d

oh jadi namanya utri singkong, kalau dalam basa sunda itu disebut bugis..

kalau di tempat saya namanya blondor atau lemet juga bisa kang.
cocok , ini jajan desa

Kalau di tempat saya juga sama namanya seperti di tempat mas agus Lemet

dikota saya ada juga tuh, tapi beda nama ;)

kota mana sih mbak, terus nama makananya apa :)

jadi tambah pengetahuan nih mas :)

di daerah saya namanya 'nogosari' kang. Salam kenal softandtrik.blogspot.com

owh...blondor, berarti di setiap daerah namanya berbeda beda ya mas.

jajanan desa yang harus dilestarikan :)

di kampung saya ini saplak namanya. hehe

kunjungan perdana dari saya & salam kenal..

kalau nogosari di tempat saya yang pake tepung beras mas :)
salam kenal kembali mas

Datang lagi akh masih penasaran di kue jajanan Kan Ucup nih
Kalau di daerah saya Mah itu Pais Ketimus itu teh Kang :)

bugis ya mbak. kata mas Intan putri ni'ong :d

bermanfaat bagi manusia dan hewan mas, terutama sapi perah :)

coba dicari tahu mas, ntar diposting lagi kemari :)

kalau ditempat saya namanya papais kang ... wah cocok nih dihidangkan sewaktu hangat ....

emang mas Karrys tinggal di mana ya :)

mirip seperti di tempat mas Karrysta mang :)

daerah lamongan jawa timur mas

tau aja mas sama kue utri, hehehe :) ini adalah kue tradisional kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang :) anak desa makannya kue utri rasanya seperti makan hamburger, hehehe :D
minta utrinya ya kang :)

bener banget kang. Utri singkong sekarang jarang banget, dan langka. Padahal rasaya cukup enak ya kang :)

bookmark dlu, siapa tahu ntar istri pngn buat!hehe
thanks y gan

kalau di daerah saya namanya papais sampeu,kalau di jawa timur disebutnya Lemet,,,,,ijin kopas kang mau coba bikin ah hehe

heuheu sami Mang Yono ditempat saya juga naminateh papais sampeu,,,,,cocok temenya kopi,,,

enak sekali rasanya.. di malaysia kami memanggil kuih ini nama lepat ubi.. sangat sesuai untuk dimakan ketika breakfast.. :D

sdah lama nggak mersakanya..uenak tenan

wah mas karrys ini selalu dapat pertamax terus ya, lagi-lagi saya gak kebagian pertamax dan lagi-lagi saya cuma dapet premium lagi nih.

wuiiih utri singkong nih enak banget nie kang rasanya kenyal dan legit gitu... kalo di daerah saya mah namanya pais singkong :)

Saya suka dengan utri Singkong seperti ini, apalagi bila ada di pusat jajanan tradisional Indonesia. Rasanya manis dan bisa mengenyangkan.

Salam,

wah saya baru denger kang kata utri ini kang.. apakah utri ini sama dengan getuk ya kang..???

nama berbeda rasanya sama, enak manis dan legit..
hehehe

ibu saya dulu pernah buat utri singkong ini dan beuuhhh rasanya enakkk bangett Lhooo hehe

itu namanya lemet kang kalo ditempat saya...

tau dong mbak, ibu saya dulu sempat bikin untuk dijual :)
bole-boleh :)

iya mbak, cukup untuk mengganjal perut :)

silahkan mas, mumpung masih gratis :hehe

kalau di papua namanya apa ya ?
silahkan mas, kalau sudah jadi jangan lupa saya dibagi :)

kalau di sini lepat terbuat dari beras ketan Mizz, terima kasih tambahannya :)

warisan nenek moyang ya mas :)

kenyal manis bercampur gurih, dan sedikit rasa segar dari pisangnya mas :)

jajanan khas indonesia selalu mengenyangkan ya Pak :)

beda mas, kalau getuk ada sendiri. asalnya sih sama sama dari singkong mas :)

berarti mas Reo dari Jatim ya :hehe

Kalau di tempatku, Purwodadi Grobogan, namanya Lutri...dulu aku sering kali membuatnya sendiri, mudah sih cara membuatnya...

cara membuat memang sederhana sekali mas, dapat lagi satu nama :)

Komentar Anda :

 
Back To Top