WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin Dengan Mudah


Kenal kan ya dengan ikan asin ? Biarpun yang tidak suka saya yakin pernah mendengarnya. Disebut ikan asin karena memang rasanya yang asin. Itu karena cara pengawetannya melalui proses penggaraman dan kemudian dijemur hingga kering. Dengan begitu ikan bisa disimpan untuk persediaan dalam jangka waktu yang lama.

Meski namanya ikan asin, tapi ada orang yang tidak suka dengan rasanya yang asin. Lalu berbagai cara ditempuh untuk mengurangi rasa asinnya.
Berikut Cara Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin Dengan Mudah.

Kandungan gizi pada ikan teri yang sudah diasinkan per 100 gr
Cara Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin Dengan MudahEnergi = 170 kkal
Protein = 33,4 gr
Lemak = 3 gr
Kalsium = 1200 mg
Fosfor = 1500 mg
Zat Besi = 4 mg
Vitamin A = 210 IU
Vitamin B1= 0,15 mg
Cara pertama.
Siapkan wadah untuk tempat air. Bisa menggunakan baskom. Masukkan beberapa lembar kertas buram. Ada juga yang menggunakan kertas koran. Tapi karena kertas koran mengandung tinta jadi lebih baik menggunakan kertas buram saja. 
Kemudian rendam ikan asin ke dalam wadah tersebut selama kurang lebih 30 menit, kemudian angkat dan tiriskan.

Cara kedua.
Sama seperti cara pertama, hanya saja kertas buram diganti dengan garam.

Selamat mencoba :)


44 komentar

rendam pake air garam ini sama dengan cuci tangan pake air kulitnya kalo bau abis makan duren ya, om..?
sama dengan kita makan jengkol agar mukut ga bau pete... :D

wah baru tau mas kalo kertas bisa mnegurangi rasa asin pada ikan asin

Ternyata caranya cukup sederhana ya kang...
Sip deh...jadi pingin goreng gabus nih :)

Proses perendaman pada ikan asin dapat mengurangi rasa asin pada ikan asin terseut ya Sob, kemungkinan lebih lama perendaman juga bisa ya...... biar tidak asin.

Salam

Wowww Cara Yang Kedua Keren Kang cara Ngurangin rasa asinnya Direndam Pake Garam :D hehehe saya Jadi Bingung gan :D

seperti jeruk makan jeruk mas :d

mungkin kadar garamnya akan diserap oleh kertas itu mas, sehingga rasa ikan tidak asin lagi

ikan kesukaan saya itu mas. ikan gabus :d

kalau kelamaan nanti tambah asin Pak :)

ya begitulah mas Ainnul. yang bisa mengalahkan garam adalah garam itu sendiri :D

Biasanya kalau saya pakai cara yang kedua kang memang bisa mengurangi rasa asin pada ikan asin biar rasanya tidak sampai pait

gitu ya mbak, kalau mbak Indah sih nggak diragukan lagi pengalaman soal masak memasaknya :)

Saya juga tidak suka dengan ikan asin kang :D
caranya ternyata cukup mudah ya kang biar iklan asin gx asin lagi

Oh begitu toh caranya supaya ikan asin jadi gak terlalu asin banget ya kang, kalo ibu saya biasanya cuma direndem pake air biasa aja mas tapi mendingan sih gak terlalu asin banget tapi yang bener menggunakan cara seperti yang kang ucup jelaskan ya...makasi kang udah share infonya :)

sukanya ikan manis ya mas :)
ya mas, mudah sekali cara agar ikan asin menjadi tawar atau tak asin lagi :)

Waahh tips yang bagus nie.. Tapi aku suka asin kok

ternyata pakai kertas buram dan garam ya kang untuk mengurangi rasa asin pada iklan asin. Hmmm baru tahu saya kang :)

iya mas, begitulah yang orang-orang lakukan untuk membuat ikan asin tidak asin lagi :)

apa lagi ples sambal dan lalapan ya mbak :)

betul mbak, sepele ya mbak bahan yang digunakan :)

tipsnya keren, tapi saya suka yg asin banget :p namanya juga ikan asin kan :D

Sayur nya..sayur asem lagi..hmm sangking nikmatnya..
Bakalan ndak keliatan deh..mertua jalan di balik tembok hehe :)

Daun popohan ..paling top..di cocol sambel kang... :)

keren dari mana, orang tips tentang ikan asin :)
ya, saya juga kadang suka yang rasa original, lebih berasa :d

daun apa itu mas. bener saya baru dengar lo ???

makasih buat tipsnya kang Ucup, baru tahu saya cara mengurangi rasa asin pada ikan asin hanya menggunakan kertas buram atau garem, sip kang :)

udah asin ditambah yang asin ya kang, memang kalo dilihat sepintas memang terlihat konyol :D

harusnya bisa dijelaskan secara ilmiah ya mas :)

Aku suka ikan asin itu karena asinnya, kalau asin ikannya bisa awet nggak cepet abis, jadi lebih ngirit nggak selalu banyak belanja beli lauk, hi hi hi

bener juga ya mas, bisa dijadikan tips ngirit nih mas :)

wah ternyata caranya mudah banget yasob,terimakasih udah berbagi

sama sama mas, terima kasih kunjungannya :)

makanan tiap tanggal tua hehehe..
gimana kabar kang lama ga pernah nongol, ato saya jangan2 yang ga nongol2 hohoho baru bisa berkunjung ke blognya kang ucup makin sipp nih kang

kertas buram itu seperti apa mas. apa sama kaya Kertas buku atau kertas Alumunium..?

kalau tanggal tua lauknya seadanya ya mas :)
kabr baik mas Andes, berarti kita sama2 baru nongol dong :d

kertas yang buat lembar soal itu mas :)

iya ini ilmu kimia, susah dijelasinnya kalo masalah unsur kimia haha.. pelajaran SMA ini :D

Mantap kang kang artikelnya,
apalagi saya pecandu ikan asin, jadi bisa dicoba ni kang.

gawat juga mas ya kalau sudah kecanduan :)
tapi kalau kecanduan yang lebih keren dikit dong mas, masa kecanduan ikan asin :d

saya selalu menggunakan garam untuk kurangkan rasa masin ikan masin..

berarti sama ya Mizz caranya. mungkin Mizz Aiza punya cara yang lain ? :)

tipsnya mantep thanks sob infonya, tapi kalau pake koran bahaya sepertinya, sob karena tintanya.

betul mas, kalau tintanya ikut termakan kan tidak baik untuk kesehatan :)

Komentar Anda :

 
Back To Top