WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Mengobati Scabies Pada Kelinci


Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh sejenis kutu (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil yang merupakan hewan mikroskopik. Scabies sering dijumpai pada Kelinci. Gejala awal penyakit Scabies ditunjukkan dengan warna merah pada telinga atau bagian tubuh yang lain. Jika sudah parah, dapat menyebabkan rontoknya bulu pada Kelinci dan bisa juga menyebabkan kematian.

Penyakit Scabies biasanya terjadi karena kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung.

Jika Kelinci sudah terlanjur terkena Scabies, maka tindakan yang harus segera diambil adalah menjauhkan dari Kelinci yang belum terkena Scabies karena penyakit ini mudah menular.

Cara Mengobati Scabies Pada Kelinci


Cara Mengobati Scabies Pada Kelinci

Kemudian suntikkan Wormectin 0.2 ml untuk Kelinci dewasa. Untuk Kelinci yang masih muda cukup setengahnya saja. Suntik tepat di bawah kulit. Setelah satu minggu berselang, maka Scabies pada Kelinci akan hilang.

Wormectin Injeksi merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh streptomyces avermilitilis melalui proses fermentasi. Senyawa ini memiliki aktifitas sebagai antelmintik yang bekerja dengan cara menghambat penerimaan inpuls saraf oleh sel saraf lain / sel otot, Akibatnya, nematoda / ektoparasit mengalami paralisis & akhirnya mati.

Untuk saat ini, harga 1 Botol isi 2 ml  adalah Rp. 10.000. Jadi bisa digunakan untuk 10 ekor Kelinci dewasa.

Demikianlah Cara Mengobati Scabies Pada Kelinci. Dengan menjaga kebersihan kandang, maka kemungkinan Kelinci terkena Scabies sangat kecil.

Semoga bermanfaat :)


106 komentar

Tipnya sangat bermanfaat sekali, terutama buat yang memelihara kelinci. :)
Penyakiytnya menular ya Kang jadi harus cepat cepat diobati.

makasih kang udh share, bermanfaat banget. yg jadi masalah saya gak punya kelinci :D

Selamat pagi dan selamat beraktifitas kang ucup...
Ijin simak artikel tentang cara mengobati scabies pada kelinci ini, dengan membaca artikel ini setidaknya saya mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru tentang penyakit scabies ini. Terimakasih udah sharing infonya :)

wah,saya udah lama kang pengen melihara kelinci. ilmu nih buat saya :)

saya pernah memelihara kelinci, tapi kandangnya kok selalu kotor ya kang, walaupun tak bersihkan tetep aja kotor. banyak kotoran kelinci yang bunder-bunder itu..eh malah nggrowok-nggrowok tanah kalau mau melahirkan.
belum pernah meneliti penyakit ini kang. lagian kelincinya sudah mati semua

wah ngeri juga ya kang kalau kelinci bisa terkena Scabies. Bisa-bisa rontok semua rambut nya dan jadi gundul deh :)
jadi harus segera diatasi kalau begitu ya kang biar sehat kelinci nya. Kalau rabies mungkin beda lagi ya kang ^^

Ternyata kelinci juga bisa terkena penyakit ya kang malah baru tau maklum nggak pernah piara kelinci..nanti saya woro2 deh buat yang melihara kelinci biar bebas penyakit

ih, gak suka hewan berbulu euy... hehehe :)

kebetulan saya gk punya kelinci mang, tapi ok deh tipsnya siapa tahu ntar saya punya kelinci hehe

baru tahu sayamah Kang Ucup,dulu saya pernah pelihara kelinci,( kelinci lokal ) banyak yang mati,mungkin diserang kutu yang sperti ditulis diatas tadi,,,,ok Kang terimakasih untuk artikelnya,,,

masalahnya nggak mau beli sih D hehehe

Scabies dapat menjangkiti kucing, anjing, dan kambing. juga bisa menular pada manusia mas :)

betul kata mas Dede Thea :d
kalau mau beli sama saya aja mbak :)

selamat sore mas Marnes, silahkan disimak, siapa tahu bermanfaat suatu saat nanti :)

Selamat Malam Kang Ucup yang baik hati dan selalu berbagi kebaikan
Nyimak lagi di artikel barunya yah Kang? tapi maaf nih agak ketinggalan
Saya Kang Maklum deh habis baru pulang Kuli saya Kang ..
Saya gak punya kelinci Kang tapi belajar aja kali aja kapan2 saya punya :)

Gara" kutu yang sangat kecil bisa membuat kematian ternyata ya kang,buat yang pelihara kelinci harus lebih waspada ni...

silahkan disimak bagi yang punya kelinci tuh

Kalo saya meliharanya boneka kelinci, jadi gak pernah kena scabies. hehe. ^_^

piara aja mbak, mudah kok perawatannya :)

wah saya malah baru tau tentang Scabies ini kang.. kebetulan saya belum pernah memelihara kelinci kang , terimakasih untuk info nya kang, menambah sedikit wawasan saya nih kang....

Kalo kelinci mah saya juga gak punya mas, adanya cuma kucing kampung doang hehehe...

Wah kebetulan teman saya ada yang pelihara kelinci nih kang...

Kalo bbuat manusia gimana caranya ya kang, soalnya disini ada juga yang kena scabies, nular2 lagi kang

sebelum beli obat ini harus beli kelincinya dulu neh :)

bisa buat antisipasi, sewaktu2 punya kelinci ato tetangga mmbutuhkan

iya mas, memang kelinci senengya bikin terowongan. kalau mau diternakkan lebih baik menggunakan kandang baterai, nanti kalau mau beranak dikasih kotak dari kayu sebagai tempat melahirkan :)

beda mbak, scabies itu bahasa kerennta kudisan :)

walaupun saya gk punya kelinci,, tapi tips nya kang ucup wajib saya pelajari dulu.. mana tau kedepannya saya akan punya kelinci :)

scabies itu penyakit kudis ya mas :) wah ngeri juga ya kalau kelinci bisa gudiken juga, hmmm takut menular ke manusia :)

sangat penting yah kang menjaga kebersihan kandang untuk kelinci ini supaya terhindar dari penyakit scabies seperti ini :)

nyimak dula kang, soalnya gk punya kelinci!

nanti woro-woronya lewat masjid ya mbak, biar sekampung denger semua :)

sukanya hewan apa dong mbak :)

kucing kampung juga bisa kena kudisan mas :d

bisa jadi itu mas. tapi kalau scabies kan bisa kelihatan tanda-tanda fisiknya mas :)

saya malah baru bisa balas pagi ini mas :)

harus waspada karena scabies juga dapat menular ke manusia :)

bagi yang belum punya bisa beli dulu :)

jadi nggak mikir sukete ya mas :d

scabies itu semacam kudis mas :)

kalau buat manusia lebih baik hubungi dokter saja mas El :)

kalau beli kelinci yang sehat dan mulus mas :)

Terima kasih informasinya kang ... oh ya. Bahayanya skabies, juga bisa menjangkit di manusia lho ... hehe

waduh, pake dipelajari segala mas :d

seratus buat mbak Indri :)
bisa mbak, makanya kita harus hati hati kalau peliharaan kita terkena kudisan :)

iya mas, penyakit scabies dan penyakit lainnya juga bisa ditimbulkan karena lingkungan kandang yang kotor :)

Obatnya biasanya bisa dibeli dimana mas.?

iya, karena itu kita harus segera memberantasnya :)

di toko yang jual pakan ada mas :)

saya nggak punya kelinci nih mas, tapi lumayan lah buat nambah2 ilmu hehe iya ngga? makasih ya udah share salam kenal

ane kagak pernah nih kutu .. ternyata menyerang kelinci.. harus waspada nih yang punya kelinci.. mksi sharenya gan :)

betul...
sama sama mas Fikry, salam kenal balik :)

belum beli kelinci kang,,,,,

makasih tipsnya,,,,

oalah ternyata semacam kudis ya kang.. kudis itu kirain cuma luka gitu saja kang, ternyata ada bakterinya juga ya..? heheheh duh nol besar nih saya kang tentang kesehatan hehehe

dulu sempat punya kelinci, tapi sayangnya sudah tiada akibat terlindas mobil. kutu yang mnyebabkan Scabices itu sama tidak dengan tungu..?

Wah, kalau g di obati bisa nular ternyata, ini bisa ada juga gk kang ma anjing :D

owh begitu ya kang, saya malah baru tahu nich tentang istilah tersebut. Terimakasih banyak kang atas pencerahannya ^^

Untuk saat ini saya belum punya kelinci kang, tapi setidaknya sudah tahu penyakit apa yang bisa menyerang hewan yang satu ini, sehingga bisa antisipasi ya kang. Terimakasih banyak kang ucup atas share nya :)

kurang tahu juga saya mas, karena belum pernah lihat kedua hewan tersebut

sebelum praktek tahu teorinya dulu ya mbak. malah bagus itu, artinya kalau sudah punya kelinci sudah tidak kaget lagi bila menemukan kejadian seperti kelinci yang terkena scabies.
oke mbak, sama sama :)

kmarin saya uda cek kang di tmpt pakan hewan,, harganya lumayan terjangkau ya kang.. kurang lebih sama dngn harga yg kang ucup smpekan.. :)

untung saya gak punya kelinci.. tapi buat refensi kang temen saya juga punya kelinci siapa tahu bisa bantu :)

saya juga baru denger disini tentang penyakit scabies ini kang :)

kelincinya harus dimandiin kali yah kang biar bersih dari penyakit scabies ini :)

lebih baik tahu dulu teorinya yah kang sehingga pas praktek langsung bisa lancar, makasih infonya kang :)

hehe..iya mas, kurang lebihnya seperti itu seperti itu :)

wah ternyata kang ucup seo masalah kelinci nih, dulu saya pernah piara kelinci kang dan mengalami penyakit scabies begini, berhubung saya gak tau cara mengobatinya, ya saya jual saja semua kelincinya.. Padahal ternak kelinci itu menguntungkan ya kang, anaknya baru lahir induknya dah hamil lagi... coba kang ucup kasih taunya pas saya ternak kelinci... tapi makasih deh kang, nanti saya coba piara kelinci lagi...

Informasi yang bermanfaat. Tapi sayangnya saya tidak punya kelinci hehe :D

Biasanya kalo di kampung orang malas ke dokter hewan, untung saja Kang Ucup punya trik jitu untuk mengatasinya :)

saya malah pengen nya memlihara kucing kang hehehe :D
tapi nggak bisa disembelih ya hehe :D

kalau cuma scabies mending diatasi sendiri mas, lebih irit :)

iya mang, kelinci memang cepet sekali berkembang biak,
kalau Mang Yono piara kelinci ntar kacangnya habis dimakan kelinci dong mang :d

kucing bisa disembelih mbakn cuman nggak boleh dimakan :)

Datng lagi akh di Blog nya Kang Ucup yang lagi sibuk dengan
menyehatkan kelinci percobaan eehh Maaf kelinci kesangan
Seharusnya cara ini di bagikan. dan alangkah baiknya kelinci
Kang Ucup bagikan juga tipa pengunjung yang datang saya mau dong? hhhh

kasian kalau kucingnya disembelih mbak...

saya nunggu sate kelincinya aja mas hehe...

Kalau bisa menjaga dan merawat kelinci pasti hewan itu akan sehat, namun kalau sudah terkena penykit scabies, maka artikel ini sangat berguna sekali untuk mengobati hewan kelinci yang terkena scabies.

Salam,

Salam@pagi ... kunjungan rutin kang .... scabies ituh ... jangan sampai deh kena kita ...

Ternyata salah satu penyebabnya..dari kebersihan kandangnya ya kang..

pastinya info ini..berguna bgt buat yg hobbi melihara kelinci nih :)

iya Pak Indra, betul sekali. kita harus rajin menjaga kebersihan lingkungan :)

selamat pagi juga mas Rizal...biar nggak kena kita harus menghindar mas :)

iya mas. mungkin kutunya senang tinggal di tempat yang kotor-kotor :)

sepertinya sama ya dengan penyakit kulit yang sering menyerang hewan piaraan sehingga bulu-bulunya pada rontok semua dan kulit menjadi korengan :-)

Waduh, jujur kalau pakai bahan kimia saya nggak tega!

http://masdidiwirawan.blogspot.com

wahhh keren nih gan tipsnya :D jujur saya kalo piara kelinci pasti mati hehe maklum saya jarang ngebersihkan kandangnya dan mungkin karena itu kali yah penyebabnya :) thanks atas infonya ^_^

alhamdulillah kucing saya selalu sehat mang, kalo kucing sakit kasih rujak asem kang, pasti maknyos hehe

baru tahu kang, gak pernah piara yg kayak gitu sih hehee..

iya Pak Har, sama persis seperti yang Pak Har bilang :)

kok nggak tega mas...kan demi kesembuhan kelinci mas :)

mungkin nggak dikasih makan mas :d
iya sama sama :)

piaranya yang kayak gimana mbak :)

kecuali kalau diobati gak sembuh mending di sembelih aja ya kang heheh

terus mabak dwi gak bis mempraktekan dong kalau gak punya kelinci eheheh

nanti kalau mau beli sekalian buat saya juga yah mbak, mas

Terima kasih kang ...
Anakku suka ternak kelinci ee .
Tips yang bagus

makasih kang tipsnya kebetulan saya ngga punya klinci

Komentar Anda :

 
Back To Top