WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak


Dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan karena sudah melimpah nikmat berupa kesehatan kepada saya dan juga koneksi internet yang lumayan maknyus, sehingga di pagi yang cerah ini saya bisa hadir sekedar untuk berbagi sebuah tips Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak.

Mungkin diantara anda ada yang belum tahu atau belum pernah melihat bahkan mencicipi kue Pancong ini ? Itu dikarenakan sekarang memang sudah agak jarang orang yang membuat dan menjual kue Pancong atau kalau di daerah saya tinggal lebih dikenal dengan sebutan Bandos. Jajanan tradisional ini bentuknya mirip dengan Pukis, hanya bahan pembuatannya saja yang beda.

Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak

Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak

Daripada penasaran, mari kita intip cara membuatnya.

Alat :
Cetakan ( Bisa menggunakan catakan untuk Pukis)
Kompor

Bahan yang disiapkan :
Kelapa parut
400 gr Tepung beras 
1300 ml Santan 
Gula pasir secukupnya untuk taburan 
Garam  2 secukupnya
Margarin

Cara Membuat :
  • Campurkan bahan seperti Tepung beras, parutan kelapa dan garam 
  • Masukan santan matang sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata
  • Siapkan cetakan dan panaskan, kemudian olesi dengan Margarin agar kue Pancong tidak lengket sehingga mudah untuk diangkat.
  • Tuangkan adonan kedalam cetakan tersebut hingga terisi semua
  • Kalau sudah matang, angkat menggunakan garpu dan Kue Pancong siap untuk dihidangkan
  • Untuk variasi rasa topping atau bagian atas Kue Pancong dapat ditaburi dengan irisan keju, coklat, kismis, nangka, gula pasir dan lain lain.


    Selamat berkreasi :)


76 komentar

habis jumat'atan langsung bukak blog,kok ada yang beginia,langsung ngiler deh,berubung cari2 kue pancong gak ada diluar,jadi diganti nasi deh,ya meskipun agak membayangin kue pancong,hahahahaha

ini biasa ada kalo saya main ke pasar atau ke sekolahan, banyak pedagang penjaja kue pancong nih kang :D

heemmm,,sedep pasti ya kang..jadi ngiler ane,hehehehe

Owh ternyata ini nama nya kue pancong tow? hehe kayak gandos ya kang. Saya dulu sering makan lho. Tapi sekarang yang jualan kue ini sudah jarang :)

saya save kang siapa tau ntar bisa buat.....
mbak eka saya jga baru tau ini kalau ini namanya kue pancong

hehe dulu setiap pagi saya makan kue ini campur gula kang sebelum berangkat sekolah

btw kok udah jarang bahas desain grafis lagi kang.. hehe masih gemar makanan nih ceritanya :)

Pancong, Banndos, Pukis hahaha saya nggak ada yang tau kang kalau soal nama nama makanan... taunya bolu, kumbu kacang ijo, onde2 hehehe.... diam diam kang ucup suka wisata kuliner juga ya..??

saat ini lagi pengen buat yang ringan-ringan dulu mas, mungkin soal desain grafis menyusul sambil siapkan materinya :)

wisata kuliner versi rakyat jelata mas :D
kumbu..apa itu mas, kalau boleh bagi resepnya dong :D

yang ada di pertigaan wontu itu masih ada nggak mas :)

awas lo kalau sampai membayangkan yang lain :D

masih banyak ya mas. kalau di tempat saya sudah mulai punah mas :)

gurih mas. dan mengenyangkan :D

pancong, bandos, gandos itu sama mbak, cuma beda nama saja di tiap daerah :)

monggo mbak, silahkan.....
berarti sekarang sudah tahu dong :)

trmksih sob. kpn2 mau bikin ah buat makan bareng mantap si dan enak kayaknya.

Iya kang sekarang dah tau...makan apalagi lebih tau..hihi

Harga cetakannya mahal ya mas? :D

Kalau tempat saya tidak tahu apa ini istilahnya.

Kalau di kampung saya pancong itu bukan nama makanan kang, tapi nama alat kerja semacam cangkul... heheee

Saya biasanya cuma beli aja tuh kueh pancong, kalo liat cara bikinnya kayanya gampang ya kang, makasih ah, siapa tahu nanti bisa bisnis kueh pancong yang lezat

Kue pancong dengan pukis beda ya Kang?

Tapi saya dua-duanya suka tuh

Apalagi pukis, baunya itu lho kalau baru matang masih panas
Suegeeeeeeeeeeeeeeeeeeer

iya mas, bisa dicoba. mudah banget kok :)

oh...saya tahu mas, kalau di tempat saya namanya ganco

paling enak memang beli mas, tidak keringetan :D

panas kok bisa seger ya Pak, kirain cuma es Pak yang bisa bikin seger :D

baru pertama kali saya mendengar nama kuih ini.. tentu enak rasanya.. terima kasih sharing resipi, insya-Allah boleh saya mencuba nanti.. :D

Saya belum pernah makan gan :D

wah kayaknya enak bener ini kue, perlu dicoba dulu nih
ijin save dulu sobat, terima kasih

Kue pocong ini paling enak bila ditaburi gula pasir. Hm.... saya paling suka beli kue ini.

Salam,

Cemilan Nusantara ya kang :)

di tempat saya bnyk yg jual mas,lumayan enak rasanya :)

kangen nih sama kue pancong, udah lama nggak nyoba lagi :)

haha tau aja nih kang ucup.. kalo pagi masih rame terus kang

hehe sipp kang.. kalo udah lengkap ntar aku tanda tangani :D

wah berarti udah bukan rahasia lagi dong. ^^

itu lo kang.. kue tradisional yang isinya kacang ijo. namanya kumbu. kalau di daerah kang ucup saya nggak tau apa namanya hehhehe

Owh ternyata sama tow hehe tak kirain beda. Dulu pas waktu saya cekulah, makanan ini adalah salah satu makanan favorit saya lho hehe ^^

kalau meleduk tentu membahayan muka kang ucup

saya juga ngiler lihat gambar kue pancong saja, apa lagi kalo melihat kuenya langsung pasti perutnya bunyi krucuk krucuk ya kang, hehehe ^_^

Kue pancong ini di kampung saya disebut ke lumpur, rasanya manis dan harum. Saya sangat suka kue itu :)
Makasih kue pancongnya ya mas ^_^

lagi cari - cari kueh pancong eh sayah nyasar kesinih, ternyata kang ucup ahli dalam membuat kueh yah?

kalo di makassar namanya kue baroncong.....modelnya sama, tempat masaknya juga serupa :-)

bru tahu klo disebut juga dengan pancong,,,,

tapi nggak ngutang kan mbak hehe...

daerah mana nih mas kok rame banget jualannya :)

kalau udah ditanda-tanganin jangan lupa minta stempelnya mas sama pak lurah hehe...

roti bisa dikategorikan cemilan kah ? :D

Karena udah dishare tentunya sekarang dah bukan rahasia lagi ya kang? :D Dulu waktu pas zaman SD sering banget nie jajan kue pancong yang dipikul tapi itu dulu kang beberapa tahun silam, sekarang mah kayaknya dah langka banget yang jualannya juga :)

Rasanya ada asin, gurih, manis ada-ada aja hehehe :D

wah, kelihatannya enak tuh...
jadi pingin..hehehe


blogwalking
http://indexiapk.blogspot.com

yang baru kok gak nongol2 lagi kang, masih semedi yah apa nyari wangsit :D

kunjungan perdana...izin nyimak dan follow ja...salam dari kami

http://jagadkawula.blogspot.com/

Weis bentuknya mirip ama kue pukis,, saya sndiri baru kali ini dengar kue pancong.. makasih kang infonya.. bermanfat... :D

Kembali hadir lagi disini turut meramaikan suasana sambil menunggu postingan terbaru dari kang ucup :)

wah ternyata kue gandos ada resep rahasia nya juga ya. Jadi nggak asal-asalan masak nya kalau ingin hasilnya gurih dan nikmat. Kalau resep rahasia sudah di ekspose seperti ini, jadi nya sudah Bukan Rahasia Lagi kang hehehe :D

komputer lagi rusak nih mas, terpaksa cuti blogging dulu ....

tiap pagi pedagang pancong pasti maksa nyuruh beli dagangannya, disamping emang anak2 juga doyan...besok tak kasih tau resep yang ini ah...supaya dagangan pancongnya bisa lebih makjleb rasanya

dicilembu masih ada kue pancong yang dipikul

Pantesan setiap saya berkunjung ke sini belum ada artikel baru kang ucup ..semoga cepat blogging lagi gan

waah enak nie kang kue pancong nya.. Sudah lama tidak makan kue pancong.. Jadi ngiler nie.. Hehe..

Bahannya lumayan banyak yah kang..

Hadir kembali kang ucup untuk ikut berpartisi sapi eh salah maksudnya berpartisipasi meramaikan Blog Wisma Kreatif yang semakin hari semakin ramai saja. Luar biasa kang. Sukses ya kang semoga kue gandos nya laris manis hehe ^^

Alhamdulillah nggak pernah satu kali mas hehehe :D
Kalau pas lagi kefefet, beda lagi ceritanya hehe ^^

Wahhh Kayaknya Enak Tuh Kang Ucup Kueh Pancongnya hmmm .. yummyy saya Jadi Ngilerr Nihhh hehe :d

Makasih ya Mas atas resepnya...barusan saya buat dengan warna warni...hasilnya juga lembut...kelapa parutnya terasa banget...apalagi santannya saya masak dengan gula...jadi uda manis kayak saya...

Kalau saya lebih suka kue pancong ditambah dengan bumbu kuahnya mas, tapi di medan ngak ada tu, kalau untuk membuat kuahnya bisa ngak ya dishare nanti :D

kue pancong salah satu yang paling saya suka, rasa gula dan aroma santannya sangat nikmat, apalagi selagi masih hangat di temani kopi dan rokok.

kalau di sini kue pancong nggak paka kuah mas :)

Komentar Anda :

 
Back To Top