WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Tape Singkong dan Khasiatnya


Ada dua jenis tape menurut proses pembuatannya. Yang pertama adalah tape basah, dan yang kedua adalah tape kering. Tape kering banyak diproduksi di wilayah Jawa Barat yang populer dengan nama Peuyeum.

Kali ini akan saya coba bagikan cara pembuatan tape basah :)

Bahan :
Singkong, Ragi tape

Alat :
Alat Pengukus nasi, Baskom, Tampah, Daun pisang

Cara Membuat :
Kupas singkong kemudian potong-potong dengan panjang kurang lebih 5 cm. (Untuk percobaan, kita gunakan 1 kg singkong dulu). Setelah itu cuci bersih singkong yang telah dipotong-potong kemudian singkong di kukus menggunakan alat pengukus nasi selama kurang lebih 30 menit atau jika dirasa singkong telah matang. Angkat dan ratakan singkong di atas tampah supaya dingin.
Haluskan 4 butir ragi tape. Selanjutnya tabukan ragi pada singkong yang sudah dingin hingga merata. Siapkan baskom lalu lapisi bagian pinggirnya menggunakan daun pisang. Jika tidak ada daun pisang bisa diganti menggunakan plastik. Susun potongan singkong yang sudah ditaburi ragi dan gula tadi ke dalamnya kemudian tutup rapat menggunakan daun pisang juga atau plastik agar proses fermentasi berjalan dengan sempurna. Letakkan baskom ditempat yang aman dari gangguan serangga, tunggu dan diamkan selama 3 - 4 hari.
Setelah 3 atau 4 hari, singkong sudah berubah menjadi tape. Sampai di sini tape singkong bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga diolah lagi menjadi makanan lain.


Kandungan Gizi Pada Tape Singkong (Per 100 gr) :
Tape Singkong dan Khasiatnya
Gambar tape singkong

Energi          173 k kal
Protein               0,5 gr
Lemak               0,1 gr
Karbohidrat     42,5 gr
Kalsium           30 mg
Fosfor           30 mg
Besi                     0 mg
Vitamin B1      0,07 mg
Air                   56,1 gr

Khasiat Tape Singkong :

  • Menyembuhkan jerawat dan bisul
  • Dapat menambah rangsangan seksual suami-istri (he..he..)
  • Menghangatkan tubuh karena mengandung Alkohol
  • Menyehatkan kulit.
  • Menghilangkan noda di wajah jika dikonsumsi setiap hari
  • Menjadi energi alternatif selain nasi
  • Memperlancar menstruasi (bagi wanita)
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Menyembuhkan penyakit maag dengan cara dikonsumsi pagi-pagi saat bangun tidur.
  • Mencegah anemia.
  • Obat alternatif untuk mengobati ambeien
  • Mengobati luka pada penderita diabetes (ditempel pada luka)
Demikian sekilas mengenai Tape Singkong dan Khasiatnya.
Semoga bermanfaat :)


64 komentar

Itu yang ngeri mas yang untuk mengobati luka...
Tar kelupaan tapenya malah dimakan heueheuehu

emangnya masih doyan mas .... :D

Wah ternyata tape singkong banyak juga ya gan manfaatnya :)

jadi makin suka sama tape singkong :)

wow saya baru tahu nih :jempolgede :D
baca artikel ini saya jadi ingin ketawa... :D
kenapa ?
karena mantan pacar saya suka banget makan tape singkong bakar !
thanks Gan...

bisnis tape singkong sepertinya menjanjikan nih. hehe ^^

paling suka kang kalo di campur es sirup kasih kolang kaleng hehehe.. segerrr benerr

waahh, saya malah baru tau mas khasiat dari tape.. Ternyata banyak khasiatnya juga yah mas.. Cara bikin nya juga tidak sulit kaya nya.. Thankz mas sudah berbagi.. :-)

iya, tapi banyak yang suka kalau langsung dimakan

mantan pacar ya Pak, berarti sekarang sudah jadi istrinya dong :)

oke Pak, sama-sama :)

mas Fadly boleh mencobanya :D

bener banget tuh, apa lagi panas-panas gini ya...:D

iya mas mudah banget, bahannya juga cuma singkong dan ragi saja.

sama-sama mas :)

Ternyata tape singkong banyak sekali khasiatnya ya mas,,, saya kira hanya enak saja tp khasiatnya gak begitu ada soalnya sdh beberapa hari dibusukkan.
Kebetulan tape singkong adalah makanan kesukaan saya,,,
nice sharing!

peyeum alias tape makanan favorit saya kang, tape basah dicampur es campur pasti ajib kang :D

hehe..kok dibusukkan sih mbak :D

tapi enak kan mbak.. :)

maknyuzz ya mas, seger banget .. :)

Ada-ada aja ya ada tape singkong bakar. Jadi penasaran saya :)

Saya malah lebih suka tape kering kang, yang namanya peyem itu daripada tape basah. Tapi lumayan jauh juga ya dari tempat saya, soalnya tape kering adanya di jawa barat. Hmmmm :)

Apalagi kalau gratis, pasti tambah seger ya mas andes hehe :D

beli via internet ja mbak :)

wah disamping enak, ternyata banyak khasiatnya ya kang..makasih infonya ..

wakakakaaaa... bisa aza nih Kang Ucup

itu loh mba Ririn kalo lagi di Malaysia mana ada :D
di Tangerang banyak tukang Tapai Singkong Bakar loh...
Uuuueeennnaaakkk tenan Mba.... :D

wow.. banyak banget nih manfaatnya mas.. wah harus semangat nih makan tape nya.. biar wajah makin bersih dan makin ganteng hhehehe,....

Salah satu jajanan tradisional yang udah agak sulit ditemui.

Mohon support, kritik dan saran untuk personal blog baru saya Aditya-Web.com :) terima kasih

iya mas nady, tapi jagnan banyak-banyak, ntar mabok lo :D

betul mas El, bisa menjadi alternatif bagi yang suka minum obat

sudah jarang ya mas sekarang.....

mungkin karena lahan buat menanam singkong semakin berkurang karena dijadikan perumahan dan sebagainya mas :)

wew...Mbak Ririn lagi di Malaysia ya :D

kalo pas lagi ga punya duit kang sambil nglamun :D
di jamin gratis mbak rin, kan kang ucup yang bayar :)

biasanya yang basah2 lebih enak mbak, tapi mbak ririn kok suka yang kering :)

thanks kan ucup sudah berbagi
saya baru tau ne mas

kalau peuyeum mah saya suka banget kang, aduh udah lama nggak makan peuyeum lagi nih :)

udah bosen mas sama yang basah jadi sekarang doyannya yang kering :)

jadi ingat peuyeum ya mas :D

sama-sama mas,
kalau sudah tahu bisa langsung dicoba :D

manfaat nya luarbiasa ya sob..
jdi pngen mkan tape ni

kalau di sumatera ada juga ya mas

saya setuju sama poin no 2 kang , si............p

itu kesukaan saya mas,
saya keseringan beli, pingin buat sendiri ga tau caranya,
setelah melihat artikel akang jadi tau bagaimana caranya, ga cuma dari itu bisa tau khasiatnya sekalian.
terima kasih artikelnya mas,

banyak khasiatnya ya.. tapi saya tidak suka makan tape singkong ini.. jika di malaysia kami panggil tapai ubi..

Baru tahu kalau tape singkong itu banyak manfaatnya, aku kira karena mengandung alkohol jadi nggak baik untuk tubuh, nyatanya justru banyak khasiatnya....thanks banget Kang Ucup, nice shared....

kang kompi bisa aja kayaknya pengalaman pribadi nih, hihihi

pantesan kalau saya dan keluarga pulang kampung ke Cirebon, pasti disuguhi makanan tape singkong ini, hampir ngga pernah lewat, makanan ini pasti ada...rupanya ada khasiat istimewanya ya "Dapat menambah rangsangan seksual suami-istri"...mulay sekarang saya mau tiap waktu ah makan ini.... ;o)

saya suka tape kalo di goreng kang, mak nyus...

salam kenal ya kang, sekalian follow blognya

iya kang yang di Bandung lebih terkenal yah kang peuyeumnya :)

kalau di daerah saya tape singkong berbahaya kang, makanya tape singkong pada diikat digantung...

tapi didaerah saya sesudah dikupas singkong nya dikerik dulu kang, dibuang lendirnya.... mungkin sebagian saja sih ndak tau biar apa?

saya masih kebagian tapenya g kang?

kapan" praktek buat ah

mang yono bisa aja nih..:D
karena cara menjualnya dengan cara digantung itu jadi terkenal dengan sebutan peuyeum gantung ya Mang.

masih banyak mbak May...di pasar :D

haha...bisa jadi alternatif pengganti sate kambing Kang :D

salam kenal balik mas, terima kasih sudah follow blog saya :)

ternyata di malaysia ada tape juga ya Mizz :)

kalau kebanyakan bisa mabok mas, apalagi minum airnya. tapi kalau masih dalam porsi yang wajar sih nggak apa-apa mas :)

enakan beli aja mas, praktis, kita cukup ketahui cara pembuatannya saja agar dapat sedikit menghargai makanan yang kita makan :)

jadi lapar mas HAHAHAH saya admin di ikerenki.blogspot.com mas, boleh dikirim singkong tape-nya mas laper nih.

mas baskoro itu yang dulunya jhonas okto ya :)

tape singkong ini enaknya kalau di goreng sama di kolak, jan josh gandos mas.
#Rizkyzone.com

dibikin rondo royal ya mas :D

Bolehkah tape singkong dikonsumsi penderita diabetes? Terimakasih

saya kurang tau persis mas, tapi lebih baik konsultasi dulu dengan dokter supaya mendapat jawaban yang tepat :)

Komentar Anda :

 
Back To Top