WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Ketahui Cara Membuat Keripik Singkong Balado


Selain renyah, Keripik Singkong Balado juga mempunyai rasa manis sekaligus pedas. Bagi saya pas banget dijadikan teman saat nge-Blog. Karena saya sering berlama-lama di depan komputer dan terkadang sampai lupa waktu. Apalagi kalau sedang melakukan 'Blog Walking', rasanya enggan beranjak dari tempat duduk :)

Sekian lama jadi penikmat Keripik Singkong Balado rasanya kurang afdol bila tidak tahu cara pembuatannya. Akhirnya, saya mencari artikel tentang cara membuat keripik singkong balado di mesin pencari Google, dan saya temukan banyak artikel terkait di sana. Caranya tidak sesulit membuat Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong. Tapi agak sedikit ribet jika dibandingkan dengan cara membuat tape singkong.

Untuk lebih jelasnya, Mari Ketahui Cara Membuat Keripik Singkong Balado bersama.

Bahan Membuat Keripik Singkong:

1 Kg Singkong.
2 sendok teh kapur sirih
Garam

Cara Membuat Keripik Singkong :

Kupas singkong lalu cuci bersih
Iris tipis singkong dengan menggunakan alat khusus untuk membuat keripik.
Rendam dalam air yang berisi garam dan sedikit air kapur kuramg lebih 5 menit. Angkat kemudian cuci.
Rendam kembali dalam air bersih.
Goreng irisan singkong tersebut dengan menggunakan minyak yang banyak menggunakan api sedang.
Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan

Keripik Singkong Balado, Teman Setia Saat Nge-BlogBahan Bumbu Balado :

8 siung bawang putih.
4 buah cabai merah
2 sendok makan gula pasir.
1,5 sendok teh garam.
Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Bumbu Balado:

Haluskan bawang putih dan cabai merah (sebelum dihaluskan, belah dan ambil bijinya)
Tumis bawang putih dan cabai merah yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan sedikit mengering
masukkan gula dan garam. Aduk terus sampai rata.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

Apabila bumbu balado-nya sudah jadi, angkat wajan dari atas api
Dalam kondisi hangat, masukkan keripik singkong dan aduk sampai semua bumbu  balado tercampur dengan baik dan menempel di keripik singkong.
Biarkan sampai kering dan tidak lengket
Nah, sekarang Keripik Singkong Balado-nya sudah jadi dan siap untuk dihidangkan :)
Kalau mau dijual juga tidak apa-apa. Tinggal dikemas dalam plastik lalu dititipkan ke warung-warung atau toko-toko terdekat. Lumayan bisa nambah pemasukan.

Walaupun anda tidak mencobanya di rumah, setidaknya anda Ketahui Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Semoga bermanfaat :)


58 komentar

boleh dicoba nih sob, buat camilan, hehe

hmmm kayanya yummi banget nih gan kripik singkongnya...boleh dicoba

lihat gambar nya juga udah enak apa lagi yang asli.. :-D hehe..
Tpi kaya nya tidak terlalu sulit ko mas.. Thankz yah sudah berbagi :-)

asyik...ini kesukaanku,tempatku penghasil singkong kang

iya mas, enak gurih manis dan pedas :D

bener mas, sebenarnya kalau dipraktekin mungkin tidak terlalu sulit :)

wah...penghasil singkong ya mbak. kalau mampir ke rumah mbak indah ntar dikasih singkong nggak nih :D

dah jadi tapioca juga ada....kalo pas nyasar mau piknik mampir saja

kalo di saya lebih terkenal dengan kripik setan mang :D ada juga kurupuk jurig wkwkwk :D lebih maknyos!

ini kesukaan saya mas , biar saya dan istri saya bereksperimen di dapur.

saya sangat suka camilan kripik singkong :)

Owhh Ternyata Proses Pembuatan Kripik Singkong Cukup Mudah Yahh hhe saya Baru tahu hihi Saya Izin Save Yah Gan Tutorialnya Buat Kapan" Di Praktekin ^_^

Wah ini bisa jadi alternatif bisnis nih kang, boleh ah di coba tips buat kripiknya

jadi kalo keripiknya bikinan sendiri bisa banyak dong

kalau gratis sih langsung lhap masuk mulut maas, hehehe

dari namanya saja sudah serem tuh, pasti rasanya sangat pedas :)

siapa nggak suka gratisan ya mas :D

praktekin sekarang aja mas :D

bisa juga itu mas, asal mau :)

kalau bikin sendiri malah bisa menyesuaikan mbak, mau banyak atau sedikit tergantung keinginan kita :)

Asyik juga ya kang kalau bisa membuat kripik singkong sendiri. Jadi bisa lebih hemat dan melatih daya kreativitas kita. Tapi selama ini hanya beli di mini market saja, karena harga nya juga murah hehe :D

iya mbak, harganya memang terjangkau :)

Ternyata kang ucup hobby masak,,,
Enak ya mas,,, mau makan apa aja bisa bikin sendiri, hmmm...
Sayangnya biarpun kripik singkongnya enak tapi saya tetap gak suka,,, karena rasanya asin dan mudah haus, hihihi :)

jadi banyak minum dong mbak, bagus lho buat kulit :)

sama berarti dengan saya mas :)

apapun jenis dan terbuatnya kripik, tentu asik dan ngga mau berenti ngagayem sebelom kripiknya abis, apalagi kripik singkongnya ada rasa baladonya, sama dengan kita makan ubi cilembu rasa roti artikel saya itu loh....;o)

kalau saya lebih suka yang tawar kang ( gak pedas ) , soalnya gak begi suka pedas sih

hahaha...betul itu Kang,

roti ubi yang benar-benar bikin ngiler itu Kang :D

padahal pedes itu nikmat lho mas :)

asik nih kang keripik singkong balado.. saya juga suka hehe.. apalagi tela2 rasa balado

tela2 kan masih sodara sama keripik singkong mas :)

saya suka makan kerepek ubi (singkong) ini.. :D

saya suka kripik singkong kang.. jangan kan yang rasa balado.. yang murni tanpa bumbu saja saya suka kang.. hehehehe

namanya juga sudah cinta mas ya, jadi apapun keadaannya pasti suka :D

keripik singkong balado ,
itu kesukaan saya kang,
saya keseringan beli, sekarang kalau mau tinggal lihat langkah-langkahnya saja yang telah kang tulis di atas,
artikel yang bagus kang.

wah...bagus itu mas kalau mau bikin sendiri :D

Tapi kalau kita punya banyak waktu, mungkin membuat kripik singkong sendiri lebih ok yang kang. Bisa ngirit dan bisa membuat kripik singkong yang banyak hehe :D

Siapin ember kang, nanti iler nya pada ketes di lantai hehe :D

Makin ramping aja kang alexa nya. Selamat ya :)

cara membuat bumbu balado nya bisa dicoba nih. ^^
Mungkin jengkol balado akan enak juga. ^^

Mampir lagi ah, siapa tahu dikasih kripik singkongnya hehe..

pastinya bukan pedas lagi kang :D

ane blum pernah bikin kripik singkong sndiri.. paling bli yg ada dipinggir jlan :D

pdahal pngen deh mkan buatan sndiri apalagi rasa balado..
makyus dah

iya nih alhamdulillah sudah kepala 3 ribuan :)

iya mas, masih banyak keripik singkongnya, buat temen nonotn bola :)

Wah perlu dicoba ini resepnya, siapa tau cocok jadi peluang bisnis
Makasih Kang Ucup kripik singkongnya
sayangnya jauh jadi gak bisa ikut nyicipi

Happy Blogging

hahaha...iya ya Pak, tapi kalau ada kesempatan suatu saat nanti kita bisa ketemu Pak. boleh ya... :D

3 ratus ribuan maksud saya :D

iya mbak....

Komentar Anda :

 
Back To Top