WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Belajar Membuat Keripik Tahu


Siapa yang tak kenal Tahu...? Tahu adalah saudara dari Tempe. Mereka berasal dari satu bahan yang sama yaitu Kacang Kedelai. Tapi, negara asal mereka berbeda. Tahu berasal dari China, sedangkan Tempe adalah makanan asli dari Indonesia.

Tahu merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi, yang menyediakan 30% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Zat besi dalam Tahu terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang membantu dalam transportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh.

Tahu juga menyediakan 10% mineral penting yang dimanfaatkan dalam sel darah merah.

Kandungan gizi pada Tahu per 100 gr

Energi            76 kkal
Karbohidrat   1,9 gr
Lemak           4,8 gr
Lemak  Jenuh 0,7 gr
Protein           8.1 gr
Kalsium         350 mg (35%)
Besi 5.4 mg   (43%)
Magnesium    30 mg (8%)

Kali ini bukan cara membuat Tahu yang akan saya bagikantapi kita akan Belajar Membuat Keripik Tahu.

Belajar Membuat Keripik Tahu

Bahan :
Tahu kulit 50 buah
Tepung terigu 250 gram
Tepung beras 50 gram
Kaldu ayam bubuk 2 sendok teh
Bawang putih 3 siung, dihaluskan
Garam secukupnya

Cara membuat Keripik Tahu :
1. Belah Tahu menjadi dua bagian kemudian buanglah isinya, Balik Tahu sehingga bagian dalam Tahu menjadi diluar. Rendam Tahu dalam larutan air garam, kemudian tiriskan.

2. Campur bahan-bahan seperti Tepung terigu, Tepung beras, Kaldu ayam bubuk, Garam dan Bawang putih halus. Adonan ini yang nantinya akan digunakan untuk melapisi Tahu.

3. Lumuri Tahu dengan adonan tadi kemudian goreng menggunakan api sedang hingga kering.

4. Angkat lalu tiriskan di atas tempat yang sudah diberi alas kertas untuk menyerap minyak. Setelah itu Keripik Tahu siap untuk dikemas.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk Belajar Membuat Keripik Tahu ? Jika ya, silahkan langsung anda praktekkan cara di atas.

Semoga berhasil ya :)


160 komentar

Wah saya baru tau ini mas kalau ada keripik tahu :D

harus banyak belajar sama suhu nihh,,
mumpung ada tugas kewirausaha'an di sekolah,,

Keripik tahu merupakan makaan yang mengandung banyak protein, dan menjadi pengembangan kuliner secari inovasi penampilan dan rasa yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Bila hal ini dapat dikembangkan menjadi suatu produk home industri yang bagus, tidak mustahil keripik singkong akan menjadi salah satu makanan ringan yang dapat menjadi prospek ekonomi mikro di kemudia hari yang dapat menjadi suatu indutri yang baik. Terimakasih atas share resep menu kripik singkong ini Kang.

Salam,

Maksud kalimat penutupnya di atas keripik tahu Kang. Maaf di ralat sedikit.

Salam

belum pernah makan keripik dari tahu kang.. hmmm... gurih dan pastinya bergizi ya..

hahaha....nggak apa-apa Pak, khilaf itu wajar :D

benar sekali itu Pak. minat masyarakat terhadap keripik tahu juga cukup tinggi, jadi menggairahkan para produsennya untuk terus berinovasi. yang disayangkan adalah kenaikan harga kedelai yang tak terkendali. yang membuat banyak produsen tahu berhenti beroperasi.

betul mbak, coba dong kapan2 :)

bisa dibuat usaha kecil-kecilan ne kang
hehehe

Siapa yang tak kenal tahu? Bukannya tahu sodaranya kang Ucup? ckckck :D
btw, makin mahir aja usaha kang ucup nih hehe :)

Itu tahu biasa kan kang????kok di tempatku nggak ada paling taunya cuma di buat tahu isi di kecap atau di goreng di makan gitu saja,,,itu ntar nggak hancur ya wktu mencapur dengan bahan2 tadi

wah bagus ini kang, sepertinya juga bisa jadi peluang usaha.. kayaknya di batang masih belom ada deh kang kripik tahu, ato masih jarang.. soalnya saya juga baru tau kalo ada kripik tahu :) hehe besok2 pasti ada kripik telor juga :D

enak tuh gan,jadi laper baca posting ini :) pengen buat juga ah...

Tahu ini merupakan salah satu makanan favorit saya gan, apalagi dibuat keripik seperti itu :) pakai sambal mantap kali :)

iya mas, untuk sumber pendapatan juga nggak apa-apa asal benar-benar ditekuni :)

saya belum pernah nyobain kripik tahu kang ucup.
resep ini mau saya kasihin ke emak, biar nanti saya tinggal makan.
hehhe

tempe dong saya mas :D
saya cuma penyampai info saja mas, tapi kadang ada juga yang saya coba :)

Boleh di coba nih kang...resep nya

Kalo buat takaran dan bahan yang udah di tulis di atas..kira2 jdnya..bisa buat ngemil bareng ndak kang... :)

Di Des Cilembu ada 5 pabrik tahu, maklum Sumedang kan ngetop TAHU nya, jadi udah pahamlah sedikit cara bikin tahu, kalau tahu dibikin keripik kayanya peluang usaha banget nih....ijin nyimpen resepnya yah.

Wiizzz., keren mang., inovasi baru kayanya nehh., melestarikan makanan lokall.,
langsung praktek ajah nih masss.,

kang ucup emang bener2 kreatif. ^^

asik ni tipsnya, apalagi kalau dah jadi bisa dinikmati dengan secangkir kopi atau teh pasti mantap

nggak mbak, lapisannya menjadikan Tahu jadi lebih renyah mak. nggak akan hancur kok

Iya perasaan saya juga baru dengar Tahu bisa dijadikan keripik. Hmmmmmmm menarik juga nih

aku udh pernah nyicipin kripik tahu, emang enak sob...

BTW, selamat ya blogmu terpilih menjadi "Guest This Week" nya Penghuni 60, alias bakal dipajang diblogku selama seminggu full di halaman dpn. cek aja di sidebar kiri samping posting terbaru, semoga bermanfaat ya...
^_^

enak dan gurih ya mas :)

wah, terima kasih mas. ini suatu penghargaan yang tak disangka-sangka sebelumnya :)

betul mas andes...di batang sudah ada mas cuma masih jarang.
waduh..masa telur dibikin keripik sih mas ....

baca-nya sambil lari2 ya mas :hehe

walah...mau enaknya aja nih mbak Elsa :D

buat ngemil sendiri saja kurang mas :D

kalau bikin keripik pake tahu sumedang mungkin lebih renyah mas, kan itu dalemnya sudah kosong :)

silahkan dicoba mas, kalau sudah jadi jangan lupa kirim kemari :)

Wah ide yang unik mas, saya belum pernah denger ada keripik tahu...
Cocok buat makanan cemilan sambil nyeruput kupi item warisan karuhun plus ududnya 234, muantap tenan hehehe :D

buat teman nyantai sambil ngeblog cocok banget mas :)

jangan sering sering 234 mas, menganggu kesehatan :D

jika di malaysia tempe juga enak dibuat kerepek (keripik).. baru saya tahu tauhu (tahu) juga boleh dibuat kerepek (keripik)..

wah saya baru tau kang kalau tahu juga bisa di buat kripik.. setau saya cuma singkong pisang sama tempe.. ternyata tahu juga bisa ya kang.. wah pasti rasanya kres kres banget tuh kang...? hehehehe

nggak kalah enak sama keripik tempe lho Mizz :)

Ternyata cukup rumit ya mas,,, membuat kripik tahu itu. Pasti rasanya kriuk kriuk gitu ya mas? hmmm ^_^

Tetapi saya lebih suka tahunya daripada kripiknya. Tahu goreng panas dimakan sama lombok hijau muda, rasanya ceplus ceplus gitu ya mas, hehehe :)

begitulah kira-kira rasanya mas :D

Ternyata mudah sekali ya kang untuk membuat kripik tahu. Kok saya nggak kepikiran ya kalau tahu bisa dibuat kripik juga. Yang sering saya lihat dan saya makan adalah kripik tempe. Hehehe ;D

mbak Indri nggak suka keripik tahu ya...?
enak lho mbak :)

Kalau makan kripik tahu bareng-bareng, ntar malah rebutan lho mas hehe :D

mudah mbak, tinggak goreng saja kok.
mungkin sekarang sudah banyak mbak, coba mbak Ririn cek warung terdekat dari rumah, pasti sudah ada keripik tahu di sana :)

isinya dibuang? apa tak bisa dimanfaatkan?

maaf mas, maksud saya dipisahkan, tentu saja masih bisa dimanfaatkan. mungkin dengan dicampur dengan telur dan irisan wortel kemudian digoreng :)

Kang Ucup sekarang menjadi specialist kuliner, hehee saya jadi penasaran besok kang ucup mau bikin apa lagi ya???????

kayaknya enak kang kalau dicoba,
pingin tau gimana rasanya,
cocok untuk dijadikan sebagai usaha kecil-kecilan.

Saya baru tahu kang kalo tahu bisa dibuat keripik juga, kaya gurih dan enak

Hmmm .. yumyy kayaknya Enak tuh Kang ?? :D
Saya Izin Copy Caranya yahh Hehe Buat Di Praktekin Dirumah

kaya enak dan muda dipraktek kan,,

http://nawayhac.blogspot.com

wkwkwk.. bukan saya yang bilang yah kang hehe :D

waaah, ada kripik tahu yah mas, saya blm pernah makan mas, melihat pun blm pernah,, hehe

Baru bisa koment setelah menggunakan komputer, pakai hape sinyal agak lemot.
Kalau cuma kulitnya tahunya, bisa tekor juga untuk usaha keripik tahu ini. tidak balik modal ya om ?

pastinya enak ya gan :D

Saling Follow = BACK 100%
Kalo mau Komen ya di blog saya :)

Kayanya enak nich mas... jadi pengen nyoba

heeemmm,,jadi ngiler ane...emang keren nie blogg jempol dehh buat kang ucup,,
Ijin klik sitti aja dehh sebagai penghargaan saya buat kang ucup,,

Iya pak guru bukan saja mengganngu kesehatan tapi sangat menggangu keuangan hehehe :D

Kayaknya di tempat saya belum ada yang jualan kripik tahu kang, yang ada hanya kripik tempe. Mungkin coba buat sendiri aja kali ya hehehe Kan tinggal ikuti tutorial diatas aja untuk membuatnya hehe :)

Wah hati-hati mas iler nya netes dimana-mana hehehe :D

soalnya gurih kang kayaknya kripik telor :) hohoho

keripik tahu sama tahu campur kayaknya enak ya kang ucup :)

tahu ketemu tahu dong mas :D

silahkan dicoba mas, keripik tahunya :)

wah manteb dong mas, sudah pake pc :)

ya nggak tekor mas, kan segala sesuatunya sudah diperhitungkan. dan juga isinya masih bisa dimanfaatkan menjadi olahan lain :)

kalau di kereta harganya 3 ribu rupiah, murah kan ?

walaupun bahan dari tahu itu mahal, tetep aja keripik tahu eksis dari peredarannya, harganya murah pula.
bagaimana kalau keripik tahu ini di ganti dengan gabus saja ?

kalau ibu saya justru rada sering bikin :D

terima kasih mas atas resepnya...di rumah rada sering bikin tapi tidak menggunakan resepseperti yang mas bagikan diatas, kalau menggunakan resep diatas saya yakin pasti keripik tahunya makin sip

ane pernah coba.... disini nyebutnya tahu pong hehehehehe.... wenak gan

wih, kapan2 buatin ane dong, pengen nyoba nih buatan keripik tahu hasil kang ucup :D

saya kok pernah tefikirkan bikin keripik tahu yah mas, soalnya yang saya ketahui keripik tempe, tahu kalau di keluarga saya biasanya selain di goreng juga buat tambahan kalau bikin menu geneman mas / ungkusan, biar lumer adonannya kalau di tambahkan tahu.

Mampir lagi ah, siapa tahu ada bagi-bagi kripik tahu gratis hehe...

gabus itu stereoform ya mas....???

menggugah selera, nampak renyah dan gurih, boleh dicoba resepnya, hmmm

Kang Ucup memang sejak dari dulu memang keren mas, tapi akan lebih keren lagi kalau mau bagi-bagi kripik tahu gratis kepada kita-kita hehe :D

Setelah mengetahui resep cara membuat kripik tahu, rasanya ada yang kurang apabila tidak segera mencobanya ya kang. Tapi kalau saya lebih suka makan aja dech, apalagi yang gratis-gratis hehe :D

Ditunggu keripik tahunya mas, eh salah, maksudnya ditunggu posting barunya, hehehe ^_^

kuliner yang enak nih. Tapi sepertinya tahu pun harus dipilih, sebab rasa tahu itu berbeda-beda dan itu sangat menentukan rasa

saya paling suka kripik tahu kang, apalagi kalau lagi nonton tv bisa habis 1 plastik tuh tanpa sadar hehe...

besok gratis sekarang bayar mbak hehe...

masa-jeruk makan jeruk mas hehe...

wah harus siap sedia tisue nih sama ember haha...

iya mbak nanti pasang iklannya di blog Cara Ririn pasti laku deh hehe...

mendingan jangan bareng-bareng mas, kan kalau cepet habis bisa berantem entar hehe...

wah bisa jadi inspirasi bisnis rumahan nih keren keren

pancen enak mas rasanya kripik tahu. trmksih dah berbagi mas

betul mas..kasih garam aja nanti asin asin dikit, sudah jadi deh.
hehehe

ternyata kang ucup masternya masak memasak, termasuk membuat keripik tahu... nanti saya praktekan ya kang

ohh isinya bisa di olah lagi ya kang ... kirain seperti cara membuat seperti di atas... belah tahu menjadi 2 bagian dan buang isinya... kirain dibuang, untung belum saya praktekan kang... ehhehehe

Banyak jga kandungan tahu ya mas.. Izin nyobain resepnya mas.. :D

dari nama nya enak deh kayaknya ya sob, saya hanya suka makan saja, klo buatnya saya ngga suka, hehe :)

Kalo rada Berarti jarang kand Mas ?? hihi

Hadir kembali kang ucup. Hehehe Udah lama nggak mampir di Blog Wisma Kreatif nih. Ternyata sudah rame banget yang komentar. Saya ikut nimbrung ah. Siapa tahu bisa dapat kripik tahu gratis ^^

Kalau inimah kesukaan saya :D izin print ya mas, untuk membagikan ke mamah saya supaya membuat kripik tahu dan tinggal makan :D

Kembali hadir lagi disini kang ucup turut meramaikan suasana blog wisma kreatif, semoga sukses dan makin berjaya :)

Sebenarnya untuk membuat kripik tahu tidaklah begitu sulit ya kang, yang penting ada kemauan dan usaha serta ada modal untuk membeli tahu di pasar. Nanti pasti kita bisa dengan mudah membuat kripik tahu di rumah :)

bener banget mbak, yang penting intinya ada kemauan dan usaha, klo masalah modal bisa pinjam, hehe :)

serius saya mau bikin kalau berhasil mau produksi....do'ain ya

mas ucup template blognya bagus nih. dan artikelnya bagus2.

Masalahnya sekarang, kacang kedelai melambung tinggi (harganya). Pengusaha tahu banyak yang tutup (didaerah saya)

keadaan seperti itu merata mas, di tempat saya juga banyak pengusaha tahu yang tutup. hanya yang punya modal cukup banyak saja yang masih beroperasi karena takut kehilangan pelanggan

template gratisan dan tinggal tempel saja mas, bukan kreasi sendiri.
soal artikel menurut saya mash di bawah standar mas, masih harus banyak belajar

boleh saya mencuba.. terima kssih sharing recipe nya.. :D

Bisa untuk smua jenis tahu ga kang.. Misalnya tahu yang kuning bisa ga kang.? Hehe :-)

BTW, udh laku brp bungkus kripik tahunya sob? hehe

kang ini kunjungan saya yang pertama,keripiknya enak tu kayaknya,boleh mintak gak kang,hehehehehehe

kira-kira kalau saya jualan ada yang mau beli nggak ya :)

Iya nanti modal untuk membuat kripik tahu bisa pinjam sama kang ucup. Siapa tahu dikasih bonus hehe :D

Sepertinya kripik tahu ini apabila dijadikan sebagai usaha, mempunyai prospek yang cerah ya kang. Karena eksistensinya belum banyak dipasaran. Sehingga besar kemungkinan omset yang akan kita peroleh juga besar. :)

beres Kang....semoga berhasil :)

Artikelnya Kang Ucup, enak-enak terus yah? bisa betah sering
Mampir di blognya, terus di suguhin makanan yang enak
Nyicipin Tahu Keripik nya Kang terima kasih

Ikutan nyicipin Tahu keripik Nya Kang Ucup dan semua sobat
Kebetulan, saya baru tau, dan belum merasakan kaya apa rasanya

keren min, saya baru tau kalo tahu bisa diolah menjadi aneka keripik. hehe :)

kalau saya sudah jadi juragan semua pasti saya kasih *gratis :)

*setelah 10 kali beli :D

dari kecil-kecilan bisa berkembang menjadi usaha yang besar mas :)

hehe...enak mas, mau coba ??? :)

iya mas, ada. mungkin karena ada keripik tempe jadi tahu juga tidak mau ketinggalan :)

hahaha...kalau dibuang sayang dong Mang :)

nanti ilernya dijual ya mas :D

bagi resepnya Kang WS dong :)

tahu yang kecil-kecil itu ya mas :)

mungkin mas Agung tidak suka tahu ya :)

mungkin kedepannya saya akan lebih sering share tentang makanan mas :)

bisa jadi itu mbak. mungkin mbak Ririn mau jadi agen-nya :)

oh...terima kasih ya mas sudah berkunjung ke blog saya.
boleh aja mas, tapi nanti ya kalau saya sudah jadi juragan :D

bisa juga mas, kalau buat tahu yang tanpa kulit biasanya diiris tipis-tipis dulu :)

hahahaha.....saya juga masih ngutang sana sini untuk dijadikan modal mbak :D

amin mas, terima kasih atas dukungannya :)

terima kasih atas support-nya mbak. do'a in aja mbak supaya saya bisa bagi-bagi keripik tahu gratis :)

bagi yang suka enak mas, apalagi kalau dicocol saus pedas... :)

ho'oh mas, silahkan dicoba :)

karena saya cowok Mang, kalau cewek sebutannya mbakter :D

itu yang saya harapkan mas :)

kalau sambil nonton tv sih iya mas, karena kesyikan kali ya mas :D

biasanya pake tahu kulit mas :)

mas Anthonie pancen pinter :D

saya baru dengar itu mas geneman :)

mas Mamen tinggalin nopenya saja di sini. nanti saya kirim lewat sms :)

udah dicoba praktekin belum sob

bisa ni dijadikan sumber dan contoh untuk hari raya nanti, membuat keripik dari tahu. terima kasih atas tutorialnya ya kang

iya mas, semoga jadi ya keripik tahunya :)

Komentar Anda :

 
Back To Top