WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mencegah Terjadinya Sariawan


Kalau sudah terkena Sariawan, mau makan susah. Sedikit saja terkena makanan pada bagian yang terkena sariawan, akan berakibat timbulnya rasa perih dan nyeri. Apalagi makanan yang panas atau pedas. Sariawan atau stomatitis aphtosa, biasanya terjadi pada daerah yang lunak dalam rongga mulut seperti dinding bagian dalam pipi, lidah, bibir, dan gusi, berupa luka kecil berwarna agak putih pucat. Yang lebih parah lagi dapat menyebabkan pembengkakan di area leher.
Penyebab timbulnya sariawan dipicu oleh beberapa faktor, seperti kurang vitamin C, tergigit, merokok, stres, infeksi, kondisi tubuh yang kurang fit juga dapat menyebabkan sariawan.

Mencegah Terjadinya Sariawan
Kalau sudah begini, tindakan yang harus dilakukan adalah cepat-cepat mengobatinya. Jangan sampai sariawan menghambat aktifitas keseharian kita.

Banyak obat sariawan yang dijual bebas di apotik tanpa harus menggunakan resep dari dokter.
Untuk pengobatan menggunakan bahan alami, kita bisa mencoba kulit pohon jambu biji.
Caranya, kulit pohon jambu biji (yang masih muda) dihaluskan dan ditambah dengan air putih lalu disaring, kemudian diminum.
Ada yang menyarankan dengan berkumur menggunakan air garam tiga kali sehari, dapat mempercepat proses penyembuhan.
Bahkan, yang lebih extrim lagi, kita disuruh makan sambal. Wah..gimana rasanya ya.

Ada bermacam-macam obat dan  metode yang bisa digunakan. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa menghindarinya sejak awal. Yaitu dengan Mencegah Terjadinya Sariawan.

Tindakan pencegahan timbulnya sariawan dapat dilakukan diantaranya dengan menjaga kebersihan rongga mulut, menghindari stres, serta mengonsumsi nutrisi yang cukup, terutama yang mengandung vitamin B12 dan zat besi. Menjaga kebersihan rongga mulut dapat juga dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam hangat atau obat kumur. Sariawan juga dapat dicegah dengan mengutamakan konsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah yang mengandung vitamin C, B12, dan mengandung zat besi.

Tentu kita sering mendengar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikian artikel singkat ini saya buat dengan judul Mencegah Terjadinya Sariawan.
Semoga dapat diambil manfaatnya :)


 
Back To Top