WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya Manfaat


Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya Manfaat - Mahkota Dewa sering dijadikan sebagai tanaman peneduh di halaman rumah atau ditanam menggunakan pot. Tanaman yang berasal dari Papua ini mudah sekali tumbuh dan dapat beradaptasi dengan cepat. Buahnya banyak muncul dari batang hingga ujung ranting. Ketika masih muda buah Mahkota Dewa berwarna hijau, dan jika sudah matang akan berwarna merah menyala. Selain berfungsi sebagai  tanaman peneduh, Mahkota Dewa juga digunakan sebagai tanaman hias. 

Saya sering menjumpai buah Mahkota Dewa yang sudah masak berserakan di tanah dan dibiarkan begitu saja. Andai saja mereka mengetahui betapa besar manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini, terutama bagi kesehatan tubuh, hal semacam itu tidak akan terjadi.

Mahkota Dewa diakui ampuh mengobati penyakit-penyakit yang tergolong berat, seperti Kanker, Diabetes, Asam Urat, Ginjal, Jantung, Lever, dapat juga membantu penderita Insomnia (susah tidur), dan masih banyak lagi.

Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya ManfaatKandungan alkaloid pada Mahkota Dewa dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Dalam buah Mahkota Dewa juga terkandung polifenol yang fungsinya sebagi anti alergi.

Kandungan Saponin-nya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, sebagai anti bakteri dan anti virus, mencegah terjadinya penggumpalan darah.
Ada juga Flavonoid. Zat ini berfungsi sebagai anti-oksidan, melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, membantu mengurangi rasa sakit saat terjadi pembengkakan, dapat mengurangi kandungan kolesterol serta dapat mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, anti radang, dan dapat mengurangi resiko terserang jantung koroner.

Yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah kulit hingga daging buahnya kemudian dikeringkan. Jangan sampai biji Mahkota Dewa ikut teriris ketika melakukan proses pengupasan, karena biji Mahkota Dewa mengandung racun yang tidak baik untuk tubuh kita.

Demikian saya akhiri perjumpaan kali ini dengan topik Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya Manfaat.

Semoga bermanfaat.


 
Back To Top