WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Saus Tomat Yang Aman Untuk Dikonsumsi


Saus Tomat biasanya menjadi pelengkap hidangan seperti bakso, mie ayam, gorengan, dan masih banyak lagi. Rasanya yang agak pedas dan sedikit asam menyegarkan memang selalu menggoda lidah kita.
Tapi kita sebagai konsumen harus jeli dan selalu waspada terhadap produk yang bahan utamanya tomat ini. Karena sekarang banyak beredar produk saus yang dapat mengancam kesehatan kita dan keluarga karena mengandung zat-zat berbahaya. Seperti zat pewarna pakaian dan pemberian bahan pengawet yang berlebihan. Bahan utama yang seharusnya dari buah tomat yang segar dan berkualitas bagus, mungkin saja sudah dicampur dengan bahan lain yang lebih murah. Misalnya ampas dari sisa pembuatan pati (Onggok).
Tidak semua produsen Saus Tomat berlaku curang. Karena itulah kita harus pintar sebagai konsumen. Pilih Saus Tomat dari produsen yang sudah dipercaya, atau mungkin sekali-kali anda bisa membuatnya sendiri.

Caranya gampang kok. Siapkan saja bahan dan alat untuk memasak.

Bahan :

250 gr Tomat segar
50 gr Gula pasir (atau sesuai selera)
1 sendok teh Garam
2 Sendok makan Tepung Maizena
75 gr Cabe (atau sesuai selera)



Alat : 

Kompor gas (tidak wajib. dapat juga menngunakan tungku)
Panci
Wajan/Saucepan
Blender
Botol kaca (bisa memanfaatkan bekas tempat saus buatan pabrik)

Cara membuat :

  • Masukkan air kedalam Panci, lalu rebus hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, masukkan Cabe dan Tomat.(untuk tomatnya jangan terlalu lama karena tomat akan hancur).
  • Kemudian kupas kulitnya dan ambil biji-bijinya. Di sini yang akan kita gunakan adalah daging buahnya saja.
  • Blender daging buah tomat sampai halus, lalu masukkan tomat yang sudah halus ke dalam Wajan/Saucepan panas tanpa minyak. 
  • Masukkan Gula pasir, Garam dan Tepung Maizena, aduk-aduk hingga mengental, tambahkan juga cabe yang sudah dihaluskan untuk menambah sensasi pedas. Angkat lalu dinginkan. (Fungsi lain gula dan garam disini, selain menambah cita rasa, juga digunakan sebagai pengawet alami).
  • Simpan dalam botol yang sudah tersedia. Cuci bersih botol sebelum digunakan atau bisa dengan cara merebusnya terlebih dahulu.
Di dalam Kulkas, Saus Tomat bikinan anda tadi bisa tahan selama kurang lebih 6 minggu.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


 
Back To Top