WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah


Berhubung siang ini tidak ada aktifitas yang berarti, maka saya akan share sedikit tentang bagaimana Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah. Dari pada ngantuk..hehe :)

Baiklah, langsung saja mulai tahap demi tahap pembuatannya.
Ada beberapa cara dalam pembuatan minyak kelapa, tapi yang akan saya bagikan kepada sobat semuanya adalah cara yang termudah.
    Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah
  • Siapkan satu butir buah kelapa, pilih kelapa yang sudah tua. Kupas kulitnya kemudian pisahkan daging buah dari batoknya dengan cara dicungkil. Setelah itu kelapa baru bisa diparut dengan tangan atau menggunakan alat khusus untuk memarut kelapa. Nggak mau ribet... Jangan kuatir, anda bisa membeli kelapa di tempat yang sekaligus menyediakan jasa pemarutan di sana.
  • Campur kelapa yang sudah diparut tadi dengan air bersih, peras kemudian saring. Yang dibutuhkan untuk membuat minyak kelapa hanyalah santannya saja. Ampasnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti ayam, bebek, atau kelinciPerhatian : Jangan diberikan pada kucing, karena kucing pasti tidak akan mau untuk memakannya :)
  • Masukkan santan kedalam penggorengan dengan api kecil saja. Aduk secara perlahan dan terus-menerus. Hal ini dilakukan untuk memisahkan kandungan air yang terdapat pada santan. Sehingga yang tersisa nanti hanyalah minyak dan ampas dari santan.
  • Setelah dirasa cukup, langkah yang terakhir adalah menyaringnya lalu biarkan dingin sebelum menyimpannya dalam botol.
Seperti kita ketahui, minyak kelapa mempunyai banyak sekali manfaat. Diantaranya ialah mengobati ambeien dan juga dapat mengurangi keriput pada wajah.

Semoga bermanfaat :)


14 komentar

ternyata mudah juga ya untuk membuat minyak kelapa. tapi mungkin butuh waktu yang agak sedikit lama ya mas untuk membuatnya. trik ini bisa diterapkan dirumah. terimakasih sudah sharing informasi yang sangat menarik dan bermanfaat :)

ya begitulah mbak, karena bikin sendiri jadi agak memakan waktu.
terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir kemari :)

mudah dipahami nih tutor minyak kelapanya karena cuma 4 langkah saja. ^_^

hehe..makasih ya gan mau blusukan kemari :)

Kalau kita aktivitasnya padat, mending beli saja kang di pasar hehehe :D

iya juga sih mbak,
mungkin ini sebagai alternatif saja terutama bagi yang ingin mengetahui bagaimana proses minyak kelapa.

dulu saya selalu bantu nenek,,,buat minyak kelapa sendiri,,,
ampas nya apa namanya? enak juga tu kang,,,,

oh, kalau di tempatku namanya 'blondo' mbak maya.
terima kasih sudah mampir :)

saya udah pernah coba bikin sering malah, tapi buat ngobatin luka... ngalusin kulit juga hehhe... kan aku dlu pernah gatel2 intinya aneh bin ajaib gatelnya ini kayak cacar bengkak diobatin ke dokter pake salep gak sembuh2 lama. akhirnya diolesi nih minyak hanya dengan beberapa menit sperti cacar itu menghilang... rajin2 pakainya deh...
jadi ini mnyak ajaib namanya klo aku ngucapinnya hehe... sama kayak kelapanya super khasiat.

ternyata masih ada manfaat lain ya mbak,
terima kasih sudah berbagi pengalaman mbak :)

Membuat minyak kelapa sendiri dirumah emang mudah, cuma butuh kesabaran aja, dulu waktu aku kecil sering lihat nenek melakukannya, aku suka dengan yang namanya Blondho, ampas yang tersisa dari pembuatan minyak kelapa ini...

rasanya gurih2 gimana gitu ya mas :)

Jadi kangen zaman nenek Saya masih ada dulu, soalnya di rumah dahulu pabrik minyak kelapa....

Komentar Anda :

 
Back To Top