WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara membuat manisan buah Tomat menyerupai Kurma


Selamat pagi sobat se-Indonesia. Kali ini saya hadir dengan menu yang datangnya lagi-lagi dari buah Tomat. Selain kaya manfaat, ternyata buah Tomat juga dapat dijadikan bermacam-macam produk olahan. Yang dulunya kita akrab dengan Tomat hanya sebatas pada sambal dan sayur saja, ternyata buah Tomat juga dapat dibuat manisan. Dan yang lebih menarik lagi, bila diperhatikan tampilan manisan dari buah Tomat ini sangat mirip dengan buah kurma. 
Manisan dari buah Tomat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tomakur (Tomat rasa Kurma) ini sangat cocok dijadikan camilan dipagi menjelang siang seperti saat ini. Dan menjadi teman segelas Jus Tomat disela-sela aktifitas kita. Mantab...Namun, tahukah sobat bagaimana proses pembuatan manisan buah Tomat menyerupai Kurma ini? Mari bersama-sama kita simak ulasan singkat yang akan saya bagikan mengenai Cara membuat manisan buah Tomat menyerupai Kurma.

Pertama tentu saja yang harus sobat siapkan ialah buah Tomatnya. Pilih buah Tomat yang benar-benar segar dan tidak busuk. Buah Tomat dengan warna yang merata menandakan buah Tomat masak secara sempurna. Siapkan juga bahan lainnya seperti gula Pasir dan kapur sirih dengan takaran 1 kg buah Tomat, 200 gr gula pasir dan 1 sendok teh kapur sirih.

Cara membuat manisan buah Tomat menyerupai Kurma

Cara membuat :

1. Rendam buah Tomat di dalam air kapur sirih kurang lebih selama 2 jam. Setelah itu, belah Tomat menggunakan pisau kemudain pisahkan dengan isinya. Cuci bersih.
2. Masukkan dan susun Tomat-Tomat tadi ke dalam panci. Beri sedikit dan taburi gula pasir di atasnya. Tutup dan diamkan 8 - 12 jam.
3. Masak Tomat dengan api kecil hingga air dalam panci habis. Tapi tidak sampai gosong.
4. Bentuk satu persatu buah Tomat dengan cara diremas (seperti memeras) dengan satu tangan lalu susun rapi di atas nampan.
5. Yang terakhir, jemur Tomat dibawah terik matahari selama 3-4 hari hingga kering dan berubah warna menjadi kecoklat-coklatan. Untuk menghindari Tomat dihnggapi lalat dan serangga lainnya pada saat proses penjemuran, sebaiknya disediakan tempat khusus untuk menjemur. Sediakan ruangan dengan atap yang transparan yang terbuat dari kaca atau plastik. Dengan demikian, Tomat akan terhindar dari lalat dan juga debu. 

Bagaimana sobat, mudah bukan.

Semoga bermanfaat.


2 komentar

Dikira kurma,,, eh, setelah dimakan ternyata tomat, hehehe :)
perlu dicoba nich...
btw kok suka bikin posting makanan apa suka masak mas? hehee :P

kadang-kadang saja kalau lagi semangat bikin sesuatu mbak. itupun sebatas makanan yang mudah bikinnya.

Komentar Anda :

 
Back To Top