WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Budidaya Kroto Menggunakan Toples


Setelah kemarin saya memposting mengenai Budidaya Kroto Dengan Media Paralon, sekarang akan saya sambung lagi dengan postingan yang lain. Masih mengenai Budidaya Kroto. Hanya beda media yang digunakan saja, yaitu menggunakan Toples. Budidaya Kroto Menggunakan Toples ini lebih praktis daripada menggunakan paralon. 

Persiapkan dulu rak atau meja yang akan digunakan untuk menaruh toples nanti. Jangan lupa pada setiap kaki rak / meja diberi kaleng atau botol plastik yang sudah dipotong lalu isi dengan air atau oli bekas. Lalu letakkan rak / meja di tempat yang tidak terlalu bising dan terhindar dari jangkauan anak-anak. Taruh rak / meja di tempat yang sirkulasi udaranya baik. Jaga agar rak / meja tidak menempel dengan tembok, atau benda apapun karena akan mengakibatkan semut atau hewan lain masuk ke dalam area kandang. Apabila rak / meja akan diletakkan diluar rumah, maka buatkan dulu atap untuk melindungi semut dari sengatan matahari secara langsung juga menghindarkan dari air hujan.

Jika sudah didapat lokasi yang tepat, sekarang tinggal mempersiapkan toples yang akan dijadikan sarang. Toples yang kita pakai bervariasi, pilih toples dengan ukuran agak besar dan yang penting dinding toples transparan karena akan memudahkan kita dalam mengontrol keadaan semut yang ada di dalamnya.

Budidaya Kroto Menggunakan Toples
Sumber Gambar : Laptop Si Unyil Trans 7
Beri lubang di bagian bawah toples dengan diameter kurang lebih 5 cm, kemudian tutup lubang menggunakan lakban. Selanjutnya masukkan semut RangRang yang akan digunakan sebagai bibit. Agar lebih mudah, masukkan sekaligus dengan sarangnya saja. Lalu tutup.

Balik toples dengan posisi tutup toples menghadap ke bawah. Lalu letakan di atas rak / meja yang sudah tersedia. Buka lakban yang tadi menutup lubang yang anda buat. Dan biarkan para semut keluar untuk membiasakan diri berda di lingkungan baru.

Berikan semut ikan asin, tulang, beberapa jenis serangga seperti jangkrik, kecoa, dll sebagai menu makannya. Semut RangRang juga butuh minum. Karena itu, sediakan wadah dengan ukuran kecil kecil saja lalu isi dengan air gula. Bisa juga dengan cara menyemprotkan air gula dibeberapa titik area kandang.

Demikian tentang Budidaya Kroto Menggunakan Toples.
Eksplorasi sekitar kita. Bahan di atas tidak wajib digunakan sebagai sarana Budidaya Kroto.

Selamat mencoba.

Update :
Supaya lebih jelas dan mudah dipahami di sini saya sertakan juga video singkatnya di bawah ini.




2 komentar

Baru tahu kalau kroto dibudidayakan

iya mbak, dulu memang sulit membudidayakan semut rangrang untuk diambil krotonya, dulu semut rangrang diternak pada sebuah pohon yang berada di kebun atau pekarangan rumah, tapi sekarang sudah bisa dipiara di dalam rumah. jadi lebih terkontrol :)

Komentar Anda :

 
Back To Top