WISMA KREATIF

Be Creative - Be Healthy - Be Success

Cara membuat mesin tetas sendiri mudah dan murah


Cara membuat mesin tetas sendiri sebenarnya mudah saja, tergantung dari kreatifitas kita masing-masing. Bahan bakunya juga gampang ditemui. Masalah penampilan urusan belakangan, disini yang terpenting adalah fungsinya.

Baiklah, kita mulai saja.
Sediakan alat dan bahan sebagai berikut :

            Alat :
           
            - Gergaji
            - Palu
            - Alat ukur (meteran/penggaris)
            - Thermometer
            - Thermostat
            - Baki untuk tempat air
       
           Bahan :

           - Triplek 3 mm ukuran 100 cm x 60cm
           - Kayu reng ukuran 3 cm x 4 cm
           - Kawat ram 1,5 meter
           - Kaca 2 mm (34 cm x 12 cm)
           - Paku 5 cm, paku triplek
           - 8 buah bohlam 5 watt
           - Engsel, kabel, dan Steker.

Pertama potong kayu reng dengan panjang masing-masing 60 cm = 8 buah, 100 cm = 4 buah untuk kerangka.

Kira-kira seperti ini bentuknya.

Mesin penetasan telur



Lalu tutup sisinya menggunakan triplek.

Buat juga rangka untuk rak tempat telur dengan ukuran sebagai berikut :

Mesin penetasan telur


Rangkaikan dengan body sehingga hasilnya seperti ini:

Jangan lupa pada sisi samping kotak di beri ventilasi. Ada juga yang menempatkannya di atas kotak. Fungsinya sama, supaya terjadi pergantian udara agar tidak pengap di dalam.


Mesin penetasan telur


Sekarang tinggal membuat pintunya. Simak gambar berikut ini.


Mesin penetasan telur


Pasang fiting untuk tempat bohlam dan Thermostat. Lihat posisinya di bawah ini.


Mesin penetasan telur

Dan inilah hasil akhirnya...

Mesin penetasan telur

Setelah selesai, tinggal perakitan instalasi listriknya. Saya rasa anda sudah paham pada sesi ini.Rangkaikan dengan Thermostat yang berfungsi sebagai sakelar otomatis.

Pada tahap awal, yaitu pengesetan suhu. Nyalakan lampu bohlam dan letakkan Thermometer di dalam mesin tetas. Tutup pintu pada mesin tetas, amati Thermometernya. Setelah suhu ruangan dalam mesin tetas sudah mencapai 100° F atau 38° C, buka pintu, kemudian putar ulir pada Thermostat sampai bagian atas Thermostat menyentuh tombol kecil yang akan mebuat lampu padam.

Lampu akan menyala kembali apabila suhu di dalam mesin menurun, dan akan kembali padam ketika suhu mencapai batas yang sudah kita tentukan tadi. Hal itu akan terjadi berulang-ulang secara otomatis.

Jangan lupa, masukkuan baki yang sudah diberi air dan letakkan di bawah rak telur. Kapasitas rak telur antara 330 - 350 butir telur burung Puyuh, atau 150 butir telur ayam.

Pada postingan berikutnya saya akan membahas tentang bagaimana cara menetaskan telur supaya hasilnya bagus.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Salam .... :)


235 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 235   Newer›   Newest»

siiiiiiiiiiiiiiiip thank gan bermanfaat sekali

oke mas Ali, terima kasih kunjungannya :)

maaf kang mau tanya,,kalo telur yg bukan dari hasil perkawinan apa bisa ditetaskan...terima kasih sebelum'y.....

wah tidak mas :) telur harus dibuahi dulu.

Thanks Agan Ucup inpohnya sngt2 bermanfaat. 1 lg nih,, kl untk harga thermostat nya kira2 brp yah kisaran harganya???

harga sebuah thermostat mulai dari Rp. 27.000 mas :)

thanks infofxa pak, sangat bermanfa'at

cara buat termostatnya gimana y...?
tolong pencerahanya..

beli aja mas, lebih praktis. harganya cuman 27 ribuan aja kok :)

mf min klo tlur yg dbuahi atw tdknya it kliatn g dr bntuk trlurnya.n klo beli telur dpasar2 kr2 bgs tdk untk pnetasanya.mksh

secara fisik sama mas, baru terlihat perbedaannya ketika dilihat menggunakan egg tester (bisa bikin sendiri menggnakan bohlam yang diberi cerobong dari kertas karton). biasanya telur yang belum dibuahi akan terlihat bening.
kalau yang dijual di pasar biasanya telur untuk konsumsi. jadi lebih baik pesen di peternak atau di tempat penjual pakan ayam/ puyuh.
mau pesen di tempat saya juga bisa. kalau berminat silahkan kirim email melalui Contact US Terima kasih :)

oh.mnrut agan pesntasiny klo bli dpasar kr2 brp PESEN PNtasnya.oya gan tu trul pa mas brp hrganya.krim email contact us ny kmn gan.

kalau harga bisa berubah sewaktu-waktu. tergantung stok dan permintaan.

formulir Contact Us ada di atas mas, hubungi saya dari sana nanti saya kasih nomer hp saya biar enak ngobrolnya.

oh.klo blh tau hrg skrg untk bln kdpn kr2 brp mas.btw td dh sy cb tp gagl trs.

oh.klo blh tau hrg skrg untk bln kdpn kr2 brp mas.btw td dh sy cb tp gagl trs.

Cukup simpel caranya ya kang...makasih kang, saya simpen dulu ilmunya, siapa tahu nanti bisa beternak ayam..

sekitar Rp. 250/butir mas.
saya cek bekerja kok mas. kalau pas kemari lagi bisa dicoba lagi mas. atau copy paste url di bawah ini juga bisa :
http://wismakreatif.blogspot.com/p/kontak.html

iya mas, nggak begitu rumit kok. intinya hanya pada pengaturan suhu saja. kalau kotaknya sih sembarang juga bisa mas :)

thermostat itu apa dan fungsinya untuk apa kang?
#penasaran.....

untuk mengatur suhu agar tetap stabil seperti yang telah ditentukan mas.

oh klo blh tau 2 telor pa kg.?ok tar sy cb lg.oy mf drmh sy pnya mesin tetas brkurn panjang 120 cm lbar 80 cm kra2 lmpu brp wat y kang n br du2kn lmpunya spaya mntap

sepertinya 15 lampu cukup mas :)

Boleh juga nih kang cara membuat mesin tetasnya, siapa tahu besok-besok saya belajar berternak ayam hehe...

15 kr2 per du2kn lmpunya make brp watt kg.oy kg 250/butir mg 2 tlur pa kg.

bisa pake yang 5 watt atau 10 watt mas.

maaf mas, komentarnya diusahakan tidak pake singkatan, soalnya saya nggak begitu paham maksudnya :)

aduh, mas Anthonie mau ternak ayam ya :)

maksud sy akang balas komen yg diats 250/butir emang itu telor pa kang?oy jual plaratan mesin tetas y kang

maaf mas, maksud saya Rp. 220 untuk telur konsumsi :)

kami cuma peternak mas, tidak menjual peralatan. yang ternak puyuh kakak saya, kalau mas berminat membeli bibit atau telur untuk ditetaskan bisa kontak kakak saya langsung. nanti saya kasih nomer telponnya. tapi mohon mas memberi keterangan yang lengkap supaya kami juga bisa menghubungi mas. contohnya nama asli dan alamat lengkap.
tapi sebelumnya mas pertimbangkan dulu karena terkendala jarak. mending mas cari yang lebih terjangkau dari tempat tinggal mas sekarang.
terima kasih :)

postingan yg sangat berguna.terimakasih sebelumnya,
saya mau tanya ni mas,kalau misalnya PLN sering padam,tentu suhu nya tidak akan stabil,bagaimana mengatasi hal ini mas.
oya mas,beli thermostatnya di toko apa mas?apa di toko komponen elektronika ya mas?
untuk thermostatnya tidak ada alat tambahan lain ya mas,karena saya pernah baca,ada alat yg dipasang dekat thermostat,namany kapsul.dimana cara kerjanya bila thermostatnya panas,maka kapsulnya akan mengembang dan akan menekan switch/saklar mini yang ada di thermostat,sehingga arus listrik terputus.dan bila thermostat dingin,kapsulnya akan mengecil dan saklarnyapun akan terhubung kembali.
terimakasih atas tanggapan dari mas.

oh,,y jg y mas,oy mas thermostat kira2 yg jual biasany dtmpat pa mas.

tempat menjual pakan ternak mas, sekarang ada thermostat digital, mungkin di toko elektronik juga ada :)

oh klo dtempat elektroni contohny dtmpat elektronik ap kg.dan hrganya brp.

saya belum pernah pake yang digital mas, jadi saya belum tahu harganya berapa. coba anda cek sendiri di toko.

Mf singgah lg dtempat mas nh.oy mf bosen jd pegawai kra solusi usha yg jarang dgulti orang ap y mas tp yg tdk brmodal trlalu besar

nggak pa-pa mas, saya malah senang anda masih mau singgah kemari :)

wah, kalau ngasih pendapat saya belum berani mas, karena saya bukan pengamat :hehe
atau mas kembangkan saja apa yang menjadi hobby untuk modal berwirausaha, misalnya beternak burung kenari. tetangga saya berburu indukan kenari sampai ke bandung. di sini anakannya dijual per ekornya sampai 2 juta-an mas.

gpp co mas kt sEring z n kira2 ush ap y mas yg mantap cntohnya usha agen tapi agen ap y.he..bleh jg tuh mas brung kenari tp ankanya g da mas pnya g.

saya tidak piara kenari mas :)

Bisa pesen thermostaat gk mas

Bisa pesen thermostaat gk mas

bisa aja mas, kalau boleh tau, mas alunk tinggal dimana ?

saya masih bingung masang termostatnya kang mas...tolong donk rincian gambarnya..maksih y

silahkan mas Dian lihat gambarnya di sini :) http://wismakreatif.blogspot.com/2013/12/cara-memasang-thermostat-kapsul-pada.html

Info yg sangat bermanfaat, makasih Kang'! Saya mau coba buat, Dari pengalaman Kang Ucup, daya tetas mesin diatas berapa persen'? dan posisi telur yg baik, berdiri vertikal atau tergeletak horisontal Kang'? Kawat ram tmpat telur itu ram kecil atau yg besar'?

kalau telur nggak bisa 100% menetas mas, tapi selama ini mencapai 90% lah.
posisi lebih baik tidur karena nanti pada proses pembalikan lebih mudah, karena tinggal menggeser saja menggunakan telapak tangan.
ukuran kawat yang 1 cm atau 1,5 cm mas :)

terima kasih sudah berkenan membaca cara membuat mesin tetas mas :)

terima kasih infonya, jd teringat dulu bikinnya dari open kue

mau nanya cara membuat Thermostat nya bagai mana,,
mohon bantuan nya,,,

@mas Oyo : sama-sama mas
@mas Asep : kalau bikinnya saya tidak tahu mas, karena saya juga beli. di toko perlengkapan ternak ada kok :)

Sepertinya mudah ya bikin mesin tetas... terima kasih Gan.. saya berterima kasih sekali sudah berbagi ilmu... terima ksh juga pada teman2 semuanya

iya mas sama-sama, terima kasih juga sudah singgah kemari.
memang untuk membuat mesin tetas ini sebenarnya sangat mudah sekali mas, dengan catatan tidak mementingkan tampilannya, tapi lebih kepada fungsinya saja :)

masang thermostat tu gimana ya mas?

Biasa d toko apa Ɣªήğ. Jual termost pak?? Saya ‎​‎​G̶̲̅ãK̶̲̅ tau harus beli dimana, wilayah muara bungo jambi

Maf mas klw blh taya mas sya puya inkubat kapsitas 75 btir lapu nya 5 per 5wat jd pertayan nya 1ap kah lapu nya sesuai 2 bisa gak lapu batry yang 12v sya buat untk mati lampu jika lapu mati dn 3 inkubat sya di atas nya pake pentilasi 1 yang di ats tap sya buat tutp pake mini pan kipas angin kecil yg angin pebuangan nya ke luar kira2 yg say buat it epektif ap kuarg efektif maksih mas maf jika pertayaan sya kepanjanagn

Tingkat keberhasilannya berapa % ya gan?

Itu bisa buat telur berapa? & Selama masa penetasan telur dibalik apa tidak? jika dibalik tiap berapa jam membaliknya?

Besar kayu & ketebalan Triplek berpengaruh terhadap hasil gk gan?

Baki untuk tempat air atasnya ditutupin pakek kain gk gan?

Saya masih bingung kalo bikin yg kapasitasnya 30 Butir gimana ya? kang mas...tolong donk rincian gambarnya..maksih y

lubang ventilasinya berapa & Berapa ukurannya gan?

mas bagaimana cara membuat mesin yg pake rak handlel sekali putar biar balik telornya g satu satu.makasi

Gan, mo nanya nih.. Ayam sy mengerami 8 butir telur, menetas 6, yg 2 blum menetas tp ibdukx udah berhenti ngeramin... Apa bisa dilanjutkan mengerami secara buatan?

bisa mas, selama kondisi telur masih bagus.
tapi ada kemungkinan kalau telur memang sudah tidak dapat menetas.
coba dicek dulu telurnya mas dengan diguncang pelan-pelan :)

coba mas Cahyadi baca halaman ini ---> http://wismakreatif.blogspot.com/2013/12/cara-memasang-thermostat-kapsul-pada.html

kalau menurut saya sih, kuncinya pada suhu dalam ruangan mas. asal suhu terjaga dengan baik, itu sudah bagus. kalau bisa jumlah lubang ventilasi minimal 2, supaya terjadi sirkulasi udara yang baik.
maaf baru bisa jawab :)

tergantung kualitas dari telurnya mas. tapi rata-rata bisa 80%

Besar kayu & ketebalan Triplek tidak berpengaruh terhadap hasil

Kapasitas rak telur antara 330 - 350 butir telur burung Puyuh, atau 150 butir telur ayam.
dibalik 2-3 kali perhari

nggak usah, nanti kalau habis nggak kelihatan

ikuti saja langkah-langkah diatas mas, tinggal diperkecil saja ukurannya :)

minimal 2 mas. samping kanan dan kiri. di atas juga boleh. ukuran disesuaikan. jangan terlalu lebar. lebih baik lubang ventilasi ditutup menggunakan kawat kasa supaya serangga tidak bisa masuk

saya belum pernah buat yang seperti itu mas. maaf ya :)

Trus kalo udah diguncang apa indikatorx bahwa telur masih bisa menetas ato sdh mati?

nggak pasti juga sih mas, tujuan mengguncang telur hanya untuk memastikan apakah isi telur dalam keadaan cair atau tidak

Mas, tiap berberapa waktu telur itu kan harus dibalik, adakah ide agar pembalikan telur itu menjadi otomatis ya??

untuk membalik telur biasanya dilakukan 2-3 kali dalam sehari. memang agak merepotkan kalau harus dilakukan secara manual. tapi cara inilah yang selama ini kami pakai. karena telur puyuh mempunyai kulit yang tipis jadi harus hati-hati saat membaliknya.

Maff kang mau tanya beli termostartnya dimana ya ?

thermostat bisa didapatkan di toko yang jual pakan ternak mas :)

kalo bikin ukuran yg lebih besar,perbandingannya gimana? harus tambah pemanas tiap penambahanberapa centi?

intinya pada pengaturan suhu dalam mesin tetas mas, kalau seumpama mau bikin yang lebih luas otomatis perlu penambahan bohlam. untuk jarak menurut saya terserah, yang penting jangan terlalu banyak saja karena berpengaruh pada keawetan lampu bohlam itu sendiri.

Mas Bro...izin search dan download artikelnya, terima kasih.

silahkan mas, semoga bermanfaat :)

Kang jual thermostat nya ga, soalnya ane udh nyari2 tpi gda cod jakarta
Klo jual mnta no hp nya kang

wah, saya di jateng je mas, seumpama saya kirim dar sini, ongkirnya hampir sama dengan harga thermostatnya.

Memang harga thermostatnya brp mas..

mas...
beda bebek jantan dan betina masih dlam keadan telur apa ???
mksih,,,

waduh mas, kalau bebek saya tidak tahu. belum permah menetasan sih soalnya :)

Eadh kang gpp..trs gmn cara pembeliannya
Nh no sya kang 087780781310

oke mas, nanti saya hubungi :)

jarak lampu dengan telur standar nya brapa mas ???
klo ukuran nya panjang 1,2m lebar 80cm tinggi 60 brapa bji lampu nya ???
tinggi standar nya 60 ya mas ???
maaf bnyak nanya !!!







dikasih 10 buah juga nggak pa pa mas, biar panasnya merata. ukurannya silahkan lihat gambar ini --> http://4.bp.blogspot.com/-AwXQNlo0Prg/U3mcp1FS9CI/AAAAAAAABuY/f0jhJYKIbpE/s1600/Skema+Lampu.jpg

suwun kang ...ilmunya sangat bermanfaat sekali..sy ingin bikin buat burung...pnya pin BB atau WA gk ?

sama-sama mas,
sory banget mas, saya tidak punya pin bb, kalau mau menghubungi saya silahkan tinggalkan no hp lewat Contact Us

klo mau 350 butir telur bebek brpa ukuran mesin nya mas ???

lampu nya yg brpa biji n brpa wat kang ???

20 - 24 lampu mas.
pakai yang 5 watt juga nggak apa-apa

Cukup jelas pembahasannya... Matur thank kang... Salam blogwalking dari P. Dollar

sama sama mas Zaini, terima kasih sudah berkunjung :)

minta izin copy gan,terima kasih...

di toko pakan ternak biasanya tersedia thermostat :)

Kang Ucup emang udah pakar di banyak bidang, entah apa julukan yang pantes y??? Makasih ilmunya..

Salam dari Pulau Dollar

pakar apanya mas, kalau mesin tetas ini saya pernah bikin dan menggunakannya, jadi saya tinggal mempostingkan saja :hehe

Mau tnya mas.klau 5 tlor saja d alat seukuran yg mas rancang .bsa g y? Kmudian brpa jam sekali tlor di balikkn?

bisa mas, tapi lebih baik bikin yang ukuran yang kecil saja, untuk menghemat listrik. standartnya telur dibalik 6-8 jam sekali. agar panasnya merata

Ukuran brpa tu bgusnya mas? Untuk lampunya brpa buah tu?

30x30x40 cm cukup menggunakan satu lampu 10 watt mas. alat penetas seukuran ini cocok juga buat menetaskan telur burung seperti kenari

Suhu nya brpa derajat tu mas?

saya pake 42 derajat celcius mas

mas ada jual tlor ayam serama?

wah, kalau yang jual telur serama saya kurang tau mas

sistem untuk membolak balikk
an tlor nya bgimana tu mas? . apakah sistem bolak balik atas bawah saja tlor nya atw bgaiman?.

cara mbaliknya dengan cara diraba pada permukaan telur. tapi hati-hati jangan sampai pecah

sebenarnya apa kegunaan dri membalikkan tlor dalm 6-8 jam itu mas?

berarti tidak mesti tlor itu kita balikkan permukaan ats tlor ke bawah ya..atau sebaliknya? cukup diraba / disentuh saja?

dengan diraba otomatis telur akan ikut terbalik mas. kalau harus dibalik satu persatu pasti membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

kalau mau lebih praktis lagi, bisa pakai mesin tetas yang otomatis, jadi mas Hanggy tidak perlu membalik telur secara manual

kalau telur nggak dibalik bisa mateng mas, intinya telur tidak akan menetas

apakah bisa tempat itu vuat bebek peking ?

bisa juga untuk menetaskan telur bebek.

telur apa saja bisa :)

untuk naik turun y suhu gimana cara y pak

naik turunnya suhu dikontrol secara otomatis oleh thermostat mas, yang penting diawal sudah ditentukan berapa suhu yang diinginkan terlebih dahulu dengan bantuan thermometer

tolong update yang semi otomatis kang.... hehehe

Insya Allah mas, soalnya yang semi otomatis belum pernah bikin sendiri

Ini nih yang dicari supaya cepat menetas telurnya

iya mbak, alat untuk membantu burung puyuh untuk mengerami telurnya :)

Kang ucup kalau mau pesan termostart bagaimana .bisa g?

bisa mas, emang rumahnya mana ?

Saya d kalimantan mas ucup..
Berapa harga termostart nya + ongkos kirim nya mas ucup?nanti sya transfer uang nya..

Kalo ada minta no hp atau pin BB kang ucup ya?

jauh juga ya mas. kalau harga thermostatnya sekitar 50 ribuan mas, mungkin ongkos kirimnya hampir 40 ribuan. tergantung kalimantannya mana

ini nope saya mas 0857 4790 7080

Mas,
Berapa jarak antara rak telur dengan bak airnya

untuk rak telur dan tempat air kasih jarak 8 - 10 cm mas

Mas,
Tolong pencerahannya,
apa maksud telur di angin-anginkan selama proses penetasan telur, apakah telur dikeluarkan dari mesin terus di angin-anginkan atau cukup pintu mesin dibuka lampu dimatikan
Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya mas

mas Budi, saya sendiri jarang melakukan yang seperti mas Budi maksud selama dalam masa penetasan. malah saya jarang membuka pintu mesin tetas kecuali pada saat lampu mati, pintu mesin dibuka supaya hawa di dalam mesin tidak pengap

Ngirim termostat kedaerah bantul lewat paket bisa ga mas...sekalian buku panduanya kl ada...

bisa mas Karyo, nanti alamatnya dikirim lewat sms saja biar langsung saya proses

mas cara bedain burung puyuh yang mau bertelur sama yang belum siap bertelur gimana ya mas ....... makasih

mas apa biisa kalo saya menaruh telur puyuh yang saya beli di warung yang masih mentah di dalam kandang apa itu akan memancing agar burung puyuh bertelur ya mas tolong penjelasannya mas makasih

secara fisik saya juga kurang begitu memperhatikan mas, karena biasanya burung puyuh akan bertelur pada usia 40 hari

agak ribet juga mas kalau harus menaruh telur puyuh di setiap kandang. dan itupun belum tentu membuat burung puyuh lebih cepat bertelur. karena seperti komentar saya sebelumnya, burung puyuh akan mulai bertelur pada saat usia menginjak 40 hari dan akan produktif pada usia 55 hari. yang penting jaga pemberian pakan dan minum secara teratur dan jangan sampai telat. itu saja sih yang selama ini kami lakukan :)

oh iya, sebagai tambahan mas Fikri bisa memberikan egg stimulant untuk merangsang produksi telur puyuhnya. gunakan takaran yang pas sesuai yang tertera pada bungkusnya. kalau terlalu banyak dosisnya nanti telur puyuh bisa terlalu besar dan bisa menyebabkan burung puyuh mati

oh makasih mas penjelasannya semoga kang ucup sehat selalu deh aminn

amin...terima kasih mas Fiqri :)

kang maaf ni koment di tengah percakapan

mau tanya kang, air yg dbwh rak itu fungsi'a untuk apa yah kang?


tx n sukses selalu

air yang ada di bawah rak telur fungsinya untuk menjaga kelembaban pada mesin tetas mas, kalau mesin tetas terlalu kering nanti proses penetasan telurnya bisa gagal

mohon di bantu mendapatkan thermostat bos, hp 085857449825

owhhhhh....

banyak atau sedikit'a / besar atau kecil tempat air tersebut berpengaruh tidak pada proses penetasan telur?

untuk spek mesin yang di atas, perkiraan membutuhkan waktu berapa hari ya kang?

maaf yah kang, email saya conect ke bloger saya, jd blogg sy yg muncul
saya saiful azmi kang, salam kenal :)

sekali lagi terima kasih banyak info'a kang

soal'a ada telur ayam serama, yng induk'a di makan luak ( musang )
jd kasian kang nasib telur tersebut.... :'(

airnya nggak usah banyak-banyak mas, cukup pakai nampan plastik saja. tapi harus selalu dicek, kalau airnya berkurang langsung tambahkan air lagi.

kalau masalah lama penetasan saya rasa sama mas, untuk telur puyuh sih 18 hari sudah menetas, kalau ayam biasanya sampai 21 hari.

salam kenal juga mas Saiful :)

iya mas, harganya brapa dan ongkos kirimnya brapa, lokasi bali, denpasar kuta mas, rangka dah jadi tinggal thermostatnya saja mas,,, mohon di bantu segera ya mas...

harga thermostatnya untuk saat ini 54 ribu mas, dan ongkirnya 22 ribu sampai denpasar. nanti kalau sudah transfer barangnya langsung saya kirim, mungkin sampai denpasar butuh waktu 4 hari mas

kang Ucup punten kalau membuat penetas otomatis bagaimana caranya?
bagus mana yang manual (bolak-balik telur manual) atau yang pakai otomatis,
nuhun

wah...belum pernah coba bikin yang otomatis Pak, dan biayanya pasti lebih mahal, sedangkan mesin tetas yang saya buat ini tujuannya adalah mengirit biaya :)

dari segi efisiensinya tentu lebih bagus yang otomatis Pak, tapi kalau hasil saya kira tidak jauh berbeda.

askum, pak mau tanya jarak ideal rak telur dengan ujung bohlam sama rak telur dengan dasar nampan air masing2 berapa cm, trus untuk kap 750 butir telur puyuh kira2 luas boxnya brp ya?
terimakasih

wa'alaikumsalam mas, jarak telur dari bohlam kalau bisa jangan terlalu dekat mas, minimal 30 cm biar telurnya tidak mendapatkan panas yang berlebihan, kalau jarak rak telur dengan bak penampung air kira-kira 12 cm sudah cukup

kang .... ternyata sederhana tapi sangat bermanfaat ya. ok ane bookmark dulu.....tapi ini bisa diterapkan pada telor bebek gak kang. masalahnya ane ada ternak bebek, lumayan juga penghasilannya. ok makasih sebelumnya.

benar mbah, kami menggunakan mesin tetas buatan sendiri. mulanya sih karena belum ada modal buat beli, jadi terpaksa bikin sendiri, tapi alhamdulillah fungsinya sama. cuma belum otomatis saja :hehe

untuk menetaskan telur bebek atau telur ayam juga bisa kok mbah. malah ada yang mau coba untuk menetaskan telur Kalkun :)

askum.. mhn pencerahan lagi pak.
untuk ukuran diatas untuk hasil terbaik diameter fentilasinya brp cm? dan jumlahnya berapa?
sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih atas ilmunya.

maaf mas, menjawab yang di atas. untuk kapasitas telur 750 butir luas raknya bisa dibikin dengan ukuran 60x140 cm. biar mudah dalam membalik telur, rak dikasih sket atau dibagi menjadi tiga bagian.
ventilasinya disesuaikan saja mas, nggak usah terlalu lebar, diameter 2 cm sudah cukup. dibuat berjejer tiap sisi 6 sampai 8 buah.

maaf kang tolong di update tapi inkubator untuk anakan burung, sama apa beda kang inkubatornya ?
Terimakasih

beda mas, kalau sudah menetas dipindahkan ke kandang pembesaran.

kalau boleh di upload kang yg inkubator u/ anakan soalnya aku buat loloh sendiri, suwun

Maksudnya yang buat netesin burung ya mas, kalau betul, berarti cuma ukurannya saja yang diperkecil mas. disesuaikan dengan jumlah telur yang akan ditetaskan. untuk suhu yang digunakan sama

Bukan kang kalau burung usia 7 hari diangkat dari sarang kan butuh suhu panas utk ketahanan tubuh jadi di masukkan inkubator biar tidak kedinginan jd setelah diloloh sendiri di masukkan inkubator lagi, seperti foto dp saya itu usia 7 hari tp gak punya inkubator
suwun

salamualaikum massy mau naya a klwyg biasa ad jaul termstat ap ap nm toko y?

coba mas Ahmad cari di toko yang jual pakan ternak dan alat-alat yang berhubungan dengan ternak. biasanya di toko yang seperti itu ada termostat mas

Kang ucup ..bisa mnta no hp nya?....terima kasih klo bisa hubungi 085775578557

makasih atas artikel y kg ucup..... semoga bermanfaat bgi saya end semua nya ..... amin .... salam sejahtera....

sama-sama, semoga saja bisa bermanfaat ya mas :)

beli termostat dimana ya Kang?

bisa pesan di sini mas, lewat saya

Mas Kl ayam betina (ex~battery hen : bekas ayam petelur, warna merah) doyan banget makan telurnya sendiri, bagaimana caranya supaya ia ga makan telurnya Dan mau mengerami? Mohon dibuatkan wacana atau pembahasan Baru mengenai Hal ITU. Nuwun mas.

maaf pak, sampai saat ini kami cuma piara burung puyuh, jadi tidak begitu paham soal ayam. kalau dilihat dari keterangan bp mungkin itu karena stres. coba nanti saya tanyakan pada lebih berpengalaman mengenai ayam leghorn

Aslmkm... Sy dari kaltara mw tanya ne kang.. Untuk khusus ruangan penetasan luas idealnya berapa y kang,untuk telur ayam kampung.. Kira kira cukup untuk 75 butir telur.. Dan berapa buah bolham yang di butuhkan??? Trima kasih kang atas penjelasannya..

Wa'alaikumsalam... kalau untuk kapasitas 75 telur bisa bikin mesin tetas dengan luas rak telurnya 60 x 50 cm Pak, untuk lampu 4 buah sudah cukup. Pake lampu bohlam 5 watt yang ukurannya besar

Kang tlg infox,gimana posisi termostat dan jarak lampu ke telor brp cm kang,paakah pentilasi 2 samping kiri kanan sudah cukup,besarx 2x5 cm.apakah pas penetasan harus di buka tlg infox kang

yang mas Ijay tanyakan sudah pernah saya jawab pada komentar di atas. silahkan dicari dulu. kalau masih ada yang mau ditanyakan, silahkan hubungi saya via telpon. terima kasih

Aslmlkm kang maaf mau tanya kalau membalikan telurnya harus satupersatu

Wa'alaikumsalam Pak, untuk membalik telur secara manual cukup menggunakan telapak tangan Pak, gerakannya seperti meraba, jadi nanti telur akan terbalik secara bersamaan

oh gitu ya kang, maaf kang mau nanya lg, kl telur bebek berapa hari netasnya?? temperaturnya harus berapa? cara memilih telur yang bagustuh gimana? kebetulan kaka sy punya bebek 500 ekor, setiap harinya selalu bertelur, apakah telur bebek tersebut bisa ditetasin?? terimakasih

Untuk telur bebek kami belum pernah mencoba Pak, jadi sangat minim pengalaman sehingga tidak dapat menjawab apa yangPak Imam tanyakan. Mohon maaf :)

Ok kang, trimakasih banyak atas infonya, jangan kapok ya kang kl sy nanya" lagi, hehehe, ohya kang kl boleh tau akang tinggalnya dimana??

iya pak, saya cuma menjawab semampu saya berdasarkan pengalaman.
saya tinggal di Batang, Jawa Tengah pak

Artikel Yang Bagus Dan Sangat Bermanfaat Kang Ucap !

Semoga Lancar Dan Tambah Berkah...Amiin.
Saya Mau Tanya Tentang Harga Telor Konsumsi Di Peternakan/Daerah Kang Ucap
,Untuk Saat Ini Berapa Kang Per Butirnya ?
Saya Pengen Buka Agen Telur Konsumsi...Baik Itu Dari Ayam Broiler Atau Ayam Arab.

Terimakasih Sebelumnya.
Salam Sukses Buat Kang Ucup.
TTD : Sukemi-Serang Banten.

For Info :

sukemi_myjob@yahoo.co.id
Wa/Line : 081289211560
Pin : 56e95812

kalau harga telur puyuh konsumsi saat ini Rp. 260/butir Pak. untuk harga telur ayam saya kurang tau di peternaknya berapa

Saya coba tetaskn telur puyuh menggunakn sterofom dan bagian bawah gak sya kasih baki yg brisi air.....apakah masih bisa menetas telurnya ?....dan brpa lama telur bisa menetas ?

Ass.wr.wb
Kang..
Sya coba tetaskn telur puyuh menggunakn sterofom yg menggunakn 1 bohlam saja dan bagian bwah tidak saya ksih baki yg brisi air sprti yg ada di artikel mesin tetas....apakh tlurnya msh bisa menetas ?...dan brpa lama waktu tlur puyuh menetas?....
Alnya telur sudah ada 3 minggu tapi blum menetas jg...
Makasih sblumnya atas jawaban nya

wa'alaikumsalam pak.
pake stereoform tidak apa-apa, tapi sebaiknya tetap dikasih air agar kelembaban telur terjaga. kalau tidak nanti telur bisa susut akrena kering dan embrio tidak dapat berkembang dan mati.
Telur puyuh akan menetas setelah 18 hari pak. Kalau sekarang sudah 3 minggu (3 x 7 = 21), seharusnya telur sudah menetas semuanya.

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 235   Newer›   Newest»

Komentar Anda :

 
Back To Top